Polisi Ralat DPO Kasus Pembunuhan Vina Cirebon: Hanya Pegi Setiawan, Bukan Tiga Orang

| 26 May 2024 14:30
Polisi Ralat DPO Kasus Pembunuhan Vina Cirebon: Hanya Pegi Setiawan, Bukan Tiga Orang
DPO kasus Vina Cirebon (Dok. Istimewa)

ERA.id - Polda Jawa Barat (Jabar) meralat soal tersangka DPO kasus pembunuhan Vina Cirebon. Polda Jabar menekankan pelaku DPO yang semula berjumlah tiga orang, kini hanya satu orang yang sudah berhasil diamankan yaitu Pegi Setiawan alias Perong.

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jawa Barat Kombes Pol Surawan mengatakan jumlah DPO kasus pembunuhan Vina Cirebon hanya satu orang saja yaitu Pegi Setiawan alias Perong. Surawan menejelaskan dua nama yang sebelumnya dirilis sebagai DPO tidak ada.

"Perlu saya tegaskan disini bahwa tersangka semua bukan sebelas tapi sembilan sehingga DPO hanya satu. Ya itu sudah kami dalami ternyata yang dua atas nama Dani dan Andi itu tidak ada. Jadi yang benar DPO satu atas nama PS," kata Surawan selama konferensi pers, Minggu (26/5/2024).

Lalu, kata Surawan, perbedaan jumlah DPO ini didapatkan dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan terhadap para saksi dan juga pelaku. dari keterangan pelaku, Surawan menyebut mereka memberi kesaksian yang berbeda-beda.

"Lima keterangan berbeda dari tersangka itu ada yang menerangkan tiga, ada lagi yang menerangkan tiga dengan nama berbeda, ada yang menerangkan lima, ada yang menerangkan satu. Setelah kami lakukan penyelidikan mendalam, ternyata dua nama yang disebutkan selama ini itu hanyalah asal-asalan. Jadi tidak ada tersangka lain," tegasnya.

Kendati demikian, Surawan meyakini apabila nantinya ada pelaku lain yang berhasil terungkap dari penyelidikan, pihak Polda Jabar akan melakukan pemeriksaan.

"Sejauh ini fakta di dalam penyelidikan kami, tersangka atau DPO adalah satu bukan tiga. Jadi semua tersangka jumlahnya sembilan, bukan sebelas. Delapan melakukan persetubuhan, yang satu tidak," pungkasnya.

Sebelumnya, Polda Jabar merilis tiga nama daftar pencarian orang (DPO) kasus pembunuhan sepasang kekasih di Cirebon yakni Vina dan Rizky alias Eky. Dari tiga nama yang diburu oleh polisi, salah satunya adalah Pegi Setiawan alias Perong.

Rekomendasi