Momen Unik WNA Ramaikan Karnaval HUT RI, Nyanyi Lagu Nasional Sampai Goyang Maumere

| 20 Aug 2024 23:09
Momen Unik WNA Ramaikan Karnaval HUT RI, Nyanyi Lagu Nasional Sampai Goyang Maumere
Reino, Tony, dan Zahra mengikuti karnaval HUT RI (Dok. Istimewa)

ERA.id - Ada yang unik dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dari warga Komplek Marinir RW6 Rangkapan Jaya Baru Depok. Sebab, karnaval tahun ini tak hanya diramaikan warga lokal, tapi juga ada kehadiran warga negara asing (WNA) asal Afrika dan Prancis.

Perayaan HUT RI tahun ini memang agak berbeda bagi dua warga negara asing Reino dan Tony di Indonesia, begitu pun dengan Zahra, WNI asal Jawa Barat. Reino dan Tony kali pertama menyaksikan sekaligus meramaikan hari kemerdekaan Indonesia di Depok.

Mereka diajak temannya untuk merasakan pengalaman karnaval dalam perayaan HUT RI. Bermodal peci, sarung, dan sorban, Reino dan Tony ikut berkeliling kompleks sambil mengikuti iringan lagu nasional dan daerah yang diputar rombongan.

Tak hanya ikut menyanyikan lagu nasional, mereka juga ikut berjoget poco-poco dan lagu daerah lainnya. Reino mengaku karnaval tersebut menjadi pengalaman yang luar biasa.

"Sangat menarik untuk mengetahui budaya Indonesia, sangat menyenangkan mengikuti karnaval HUT RI karena saya belum pernah mengalaminya," kata Reino saat ditemui Era.id, dikutip Minggu (18/8/2024).

Karnaval HUT RI diikuti WNA (Dok. Istimewa)

Reino mengaku pernah ikut merayakan juga kemerdekaan Indonesia, tapi tidak pernah mengikuti karnaval seperti saat ini. Biasanya dalam rangka kemerdekaan, ia makan siang atau makan malam besar bersama keluarga.

"Sangat menyenangkan dan keren," kata Reino.

Reino dan warga lokal menari poco-poco (Dok. Istimewa)

Memutuskan akan ikut karnaval, ia tahu pasti akan merasakan lelah karena harus berjalan keliling kompleks perumahan. Tapi, ia senang memiliki pengalaman merayakan kemerdekaan RI dan mengenal budaya Indonesia.

Sementara itu, Tony mengaku karnaval ini menjadi pengalaman baru baginya. Ia tertarik dan sangat menyukai karnaval ini.

"Sangat menarik melihat orang Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Apalagi pengalaman ini baru bagiku, dan hal seperti ini tidak dirayakan di negaraku jadi ini sangat menyenangkan," katanya.

Lalu Zahra juga mengaku karnaval ini menjadi pengalaman pertamanya saat merayakan HUT RI meskipun ia orang Indonesia. Sebagai introvert, ia akhirnya bisa mengikuti karnaval HUT RI dengan tetangga.

"Itu sangat menyenangkan," katanya.

Rekomendasi