Pramono Anung Bakal Beri Bantuan Rp300 Miliar ke Pedagang: untuk UMKM yang Diinisiasi Perempuan

| 28 Oct 2024 08:02
Pramono Anung Bakal Beri Bantuan Rp300 Miliar ke Pedagang: untuk UMKM yang Diinisiasi Perempuan
Cagub DKI Pramono Anung dan Cawagub DKI Rano Karno. (Antara)

ERA.id - Calon gubernur (cagub) Jakarta, Pramono Anung mengaku akan memberikan bantuan Rp300 miliar untuk para pedagang. Bantuan ini akan difokuskan ke pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perempuan.

"Nanti akan kami konsentrasikan kalau memang saya dan Bang Doel menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur, terutama untuk UMKM. Dan UMKM penggerak utamanya adalah kaum perempuan, karena kami tahu sekarang ini yang jadi persoalan di Jakarta salah satunya adalah UMKM yang digerakkan, diinisiasi oleh para perempuan," kata Pramono usai debat Pilgub Jakarta di Beach City International Stadium Ancol, Minggu (27/10).

Dia lalu menjelaskan perihal Pasar Tanah Abang. Menurutnya, pasar ini sepi karena kalah saing dengan e-commerce atau penjualan online. Padahal, Pasar Tanah Abang merupakan pusat grosir terbesar di Asia Tenggara.

Dia akan merevitalisasi fasilitas di Pasar Tanah Abang agar mempunyai daya saing. Pedagang di tempat itu juga akan dibantu promosi agar perekonomian bisa makin membaik.

"Saya kebetulan sudah keliling ke beberapa pasar salah satu contoh adalah Pasar Muncul di Jakarta Timur yang problemnya kurang lebih sama seperti yang ditanyakan tadi. Maka dengan demikian permodalan itu menjadi hal yang sekarang ini benar-benar ditunggu oleh para pedagang pasar," jelasnya.

Sebelumnya, Pramono Anung menjanjikan mengalokasikan anggaran sebesar Rp300 miliar untuk membantu permodalan para pedagang di Tanah Abang. Terlebih pedagang menengah ke bawah.

Dia mengatakan, permodalan merupakan masalah yang kerap dikeluhkan para pedagang di Tanah Abang.

"Mereka menyatakan permodalan menjadi persoalan yang harus dibantu. Untuk itu kami menyiapkan Rp300 miliar untuk membantu permodalan bagi para pedagang di Tanah Abang, terutama untuk pedagang menengah ke bawah," kata Pramono saat debat Pilgub Jakarta di Beach City International Stadium Ancol, Minggu.

Selain itu, dia juga akan menyiapkan lapangan kerja bagi 500 orang di sektor UMKM.

Rekomendasi