Anies Baswedan Pamer Cipinang Melayu Tak Lagi Banjir

| 10 Feb 2021 11:18
Anies Baswedan Pamer Cipinang Melayu Tak Lagi Banjir
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Twitter)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau wilayah RW 04 dan 03, Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur pada Selasa (9/2) malam.

Anies menyebut, kampung yang dilewati bantaran Kali Sunter itu langganan dilanda banjir tiap musim hujan. Bahkan tahun lalu, banjir merendam wilayah tersebut hingga mencapai 3 meter. Namun, tahun ini wilayah tersebut bebas banjir.

"Alhamdulillah, tahun ini dapat kembali mengunjungi RW 04, Kelurahan Cipinang Melayu. Kampung yang dilewati Kali Sunter ini biasanya kalau musim hujan akan terjadi banjir yang amat tinggi, bahkan tahun lalu terendam sampai 3 meter. Tapi pada musim penghujan kali ini tak diterjang banjir," ujar Anies seperti dikutip dari unggahan foto di akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Rabu (10/2/2021).

Anies mengatakan, keringnya wilayah Cipinang Melayu di musim hujan tahun ini merupakan hasil dari usaha keras Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menanggulangi bajir. Dia mengklaim, pihaknya memerikan perhatian dan penanganan dari hulu Kali Sunter yang kerap menjadi penyebab banjir.

Anies bilang, Pemprov DKI juga telah mengerahkan 15 eskavator di tanggul-tanggul dekat aliran Kali Sunter dan membuat sodetan sehingga debit air yang mengalir di Kali Sunter menjadi terkendali.

"Di sisi selatan Jakarta Timur, Waduk Pondok Ranggon dan Waduk itu dikeruk lalu kemudian disiapkan sodetan khusus sehingga air Kali Sunter dialirkan dan ditahan di waduk baru mengalir ke sini dengan volume debit yang lebih terkontrol," kata Anies.

Meskipun kali ini tak diterjang banjir, Anies mengaku masih memiliki pekerjaan rumah untuk memastikan banjir tak kembali menggenang di Cipinang Melayu. Salah satunya dengan menuntaskan pembuatan tanggul di sepanjang RW04 dan 03 Cipinang Melayu.

"Karena kini tanggul tersebut masih bersifat temporer," kata Anies.

Rekomendasi