Heboh Warga Bogor Terjangkit Mutasi Virus Corona B117 Setelah Pulang dari Luar Negeri

| 16 Mar 2021 19:53
Heboh Warga Bogor Terjangkit Mutasi Virus Corona B117 Setelah Pulang dari Luar Negeri
Ilustrasi

ERA.id - Mutasi virus corona dari Inggris atau varian B117 kembali ditemukan di Indonesia. Kali ini, seorang warga Kota Bogor dilaporkan terinfeksi setelah kunjungan kerja ke luar negeri.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, pria tersebut terdeteksi di Bandara Soekarno-Hatta setibanya usai dari Afrika.

"Kita mendapatkan informasi dari dinas kesehatan bahwa ada salah satu warga yang baru kembali dari luar negeri kemudian terdeteksi virus corona baru jenisnya B117," katanya, Selasa (16/3/2021).

Kini warga Kota Bogor tersebut sudah dilakukan isolasi oleh Kementerian Kesehatan untuk menghindari penularan dan penyebaran.

"Sudah dipastikan apa namanya terdeteksi oleh Kementerian Kesehatan di bandara kemudian dilakukan isolasi. Kita dapat informasinya kemarin (Senin, 15/3) malam," ujar Dedie.

"Isolasinya di Jakarta, keluarganya ditinggal di Kota Bogor. Jadi termasuk yang bersangkutan juga dari Kota Bogor tetapi baru melaksanakan kegiatan perjalanan ke luar negeri ke Afrika ya," tambahnya.

Dedie menayatakan, Pemkot Bogor masih terus memantau perkembangan pasien positif B117 tersebut. Kini kondisinya telah berangsur membaik.

"Sudah diisolasi di Jakarta kemudian sedang dalam proses memastikan bahwa yang bersangkutan sekarang sudah sembuh. Saya belum memonitor apakah sudah pulang atau belum," jelas Dedie.

Satgas Covid Kota Bogor memantau dan melakukan tracing terhadap keluarga yang berkontak erat dengan pasien terkonfirmasi B1117 tersebut.

"Tetapi keluarganya tinggal di Bogor, jadi kita inginnya B117 ini kan tidak menyebar. Kita pastikan lagi keluarga yang kontak erat itu dilakukan tracing dan kemudian kalau misalnya ada gejala dan lainnya tentu harus ada langkah-langkah," kata Dedie.

Rekomendasi