Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Saat Kejadian Turun Hujan Deras dan Petir

| 29 Mar 2021 08:45
Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Saat Kejadian Turun Hujan Deras dan Petir
Ilustrasi kebakaran Kilang Pertamina Balongan (Dok. Antara)

ERA.id - Kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Balongan pada tangki T-301G, Senin (29/3/2021) sekitar pukul 00.45 dini hari. Corporate Secretary Subholding Refining and Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan belum mengetahui sebab kebakaran.

"Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir. Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran," katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/3/2021).

Ia menambahkan tim HSSE Kilang Pertamina Balongante fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu.

"Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran. Saat insiden terjadi, ada 4 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensif di RSUD Indramayu," katanya.

Ia memastikan saat ini dilakukan juga pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, dibantu oleh TNI. "Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal," katanya.

Rekomendasi