Jelang paskah, Ribuan Personel TNI dan Polri Jaga Gereja di Bogor

| 01 Apr 2021 12:53
Jelang paskah, Ribuan Personel TNI dan Polri Jaga Gereja di Bogor
Gereja di Bogor (Diman Sutini/era.id)

ERA.id - Sebanyak 77 gereja yang ada di Kota Bogor akan di jaga ketat oleh TNI Polri jelang perayaan hari Jumat Agung atau Paskah yang akan berlangsung dari mulai hari Kamis-Minggu. 

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi aksi terorisme dan gangguan keamanan lainnya di hari perayaan Paskah oleh umat kristiani. 

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan pihaknya menyiagakan 1.100 personel dari TNI Polri gereja untuk berjaga gereja yang ada di Kota Bogor.

Di mana dari 1.100 personel ini 800 dari polisi sedangkan 300 lainnya dari TNI. 

"Hari ini kami hanya memastikan bahwa kesiapan personil kami, perlengkapan kami semua siap dan juga sekaligus ingin memastikan bahwa protokol kesehatan dalam rangka pelaksanaan ibadah umat kristiani berjalan aman dan kondusif," ujarnya, saat meninjau gereja Zebaoth di Jalan Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (1/4/2021). 

Susatyo mengungkapkan nantinya para personel ini akan berjaga selama 24 jam. 

"Satu gereja dikawal oleh polsek maupun polres total 4 personel. Jd untuk gerej saja kami menurunkan hampir 400 personel untuk gereja. Karena ada cukup banyak 77 gereja," ucap Susatyo yang juga pernah menjabat Wakapolres Jakarta Pusat. 

Sementara itu Danrem Suryakencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi menambahkan dari TNI menyiagakan 300 personel untuk menjaga keamanan di Hari Raya Paskah. Pihaknya juga akan melakukan patroli jalan kaki serta patroli bermotor untuk memastika obyek vital aman termasuk juga dalam kaitannya dalam pengamanan gereja. 

"Dari Kodim termasuk dari korem sekitar ada 300 orang yang dilibatkan," pungkasnya. 

Tags : paskah gereja
Rekomendasi