Pernah Dianggap Angker dan Dijadikan Tempat Wisata, Begini Kabar Rumah Pondok Indah Sekarang

Tim Editor

Rumah Pondok Indah (Hipwee)

ERA.id - Tahukah kamu dengan kabar horornya rumah Pondok Indah pada medio 90-an, yang sering diceritakan dari mulut ke mulut? Kini, rumah Pondok Indah yang terletak di Jalan Metro Pondok Indah TK 5, Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, sudah jauh berubah bahkan pernah dijadikan tempat wisata.

Sebelum lebih jauh membahasnya, perlu kita kenang kembali kalau kisah paling fenomenal yang paling sering didengar adalah pedagang nasi goreng yang diceritakan hilang di tengah malam, usai mengantarkan pesanan di rumah Pondok Indah.

Lalu bagaimana sih sejarah rumah Pondok Indah itu hingga dicap angker oleh masyarakat? Konon pada 1983, sekelompok perampok dikabarkan membantai habis seluruh penghuni rumah. Kejadian tersebut juga merenggut nyawa seorang pekerja rumah dan anak kecil.

Hingga kini, dalan pembantaian itu masih belum diketahui hingga saat ini.  Kisah sadis itulah yang kemudian membuat masyarakat yakin jika rumah ini dihuni oleh banyak makhluk halus. 

Itu dulu. Kini, kepopuleran rumah hantu Pondok Indah yang ditakuti masyarakat, perlahan hilang. Rumah di Jalan Metro Pondok Indah itu kini sudah tak berpenghuni dan telah dirobohkan, rata dengan tanah. 

Dilansir detikcom, bekas rumah mewah itu dirobohkan sejak tahun 2008 silam. Bekas bangunan tersebut kini telah menjadi kebun kosong yang ditanami berbagai pohon. 

Rumah itu tampaknya sedang dijual, hal itu terlihat dari papan yang dipasang oleh sebuah agen properti. Tak tanggung-tanggung, Hak Guna Bangunan (HGB)-nya dihargai Rp6 miliar. HGB ini didasarkan pada Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) setempat senilai Rp 9,7 juta pada saat itu. 

Wah, ternyata mahal juga ya. Sementara kisah pedagang nasi goreng yang hilang, diakui cuma mitos. Kisah itu sengaja dibuat agar brand rumah Pondok Indah terus menguat.

Hal itu sudah dikonfirmasi oleh seorang pedagang yang sudah berjualan selama puluhan tahun di sekitar daerah Pondok Indah. Menurutnya, kisah hilangnya tukang nasi goreng merupakan hal yang dibuat-dibuat. 

Sebab, dia sendiri mencoba mencari kebenaran dengan mengumpulkan semua pedagang di sekitar. Hasilnya, pedagang tersebut mengaku tidak pernah mendengar ada pedagang yang hilang di daerah Pondok Indah ini.

Pernah jadi tempat wisata

Ratusan warga Jakarta, dalam pada 2003 silam, sempat beramai-ramai "piknik" ke rumah hantu Pondok Indah di Jalan Metro Pondok Indah TK 5, Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 

Mereka datang saking penasaran. Saking padatnya pengunjung rumah, malah membuat jalan di kawasan tersebut macet total. "Saya ingin melihat rumah hantu di kawasan elite ini," ujar Rusdi, warga Bekasi, dikutip dari Tempo.

Dengan motor, Rusdi datang ke sana membawa anak dan istrinya. Ia tak peduli larangan istrinya untuk tidak memasuki rumah hantu itu. "Saya sudah puas, bisa masuk. Serem juga. Kali memang ada hantunya kalau malam ya," ujarnya.

Tag: viral film horor hantu yang unik horor rumah pondok indah

Bagikan: