Terkuak! Asal Isu Rumah Mewah Anies dari Pengembang Reklamasi, Ternyata Foto Iklan Rumah 2018

| 24 May 2021 14:25
Terkuak! Asal Isu Rumah Mewah Anies dari Pengembang Reklamasi, Ternyata Foto Iklan Rumah 2018
Dok. Twitter Ismail Fahmi

ERA.id - Beredar isu di media sosial bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima hadiah rumah mewah dari pengembang reklamasi di media sosial.

Disebutkan rumah mewah itu berada di kawasan Kebayoran Baru. Berdasarkan postingan yang beredar, terlihat sebuah rumah mewah berlantai dua. Rumah itu bercat putih dengan ornamen berkelir emas. Rumah itu juga tampak luas.

Founder Drone Emprit, Ismail Fahmi, menguak kebenaran narasi liar tersebut. Berdasarkan penelusurannya dengan sejumlah tools Reverse Image Search, ternyata foto rumah mewah itu diambil dari sebuah situs iklan penjualan rumah.

Berdasarkan keterangan dalam iklan, rumah tersebut beralamat di Cijantung, Jakarta Timur. Iklan terakhir kali diposting oleh pada 15 Juli 2018.

Menanggapi kabar tersebut, Anies meminta pihak yang menuduhnya untuk membuktikan tudingannya.

"Kalau disebutkan (dapat rumah) kan saya enggak perlu membuktikan, yang membuktikan kan (mestinya) yang menuduh," ujar Anies kepada wartawan di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Anies mengatakan, sebaiknya media mencari dan mengejar kebenaran kabar tersebut, sehingga bisa menampilkan pemberitaan secara lengkap. Menurutnya, isu-isu semacam ini harus menjadikan media lebih kritis.

Rekomendasi