Breaking News: Tidak Dipenjara, Rizieq Shihab 'Cuma' Divonis Denda Rp20 Juta di Kasus Kerumunan Megamendung

| 27 May 2021 15:32
Breaking News: Tidak Dipenjara, Rizieq Shihab 'Cuma' Divonis Denda Rp20 Juta di Kasus Kerumunan Megamendung
Sidang Rizieq Shihab {Antara)

ERA.id - Habib Rizieq Shihab divonis denda Rp20 juta subsider 5 bulan kurungan dalam sidang kasus pelanggaran protokol kesehatan di Megamendung.

Habib Rizieq dinyatakan terbukti melakukan tindakan tidak patuh protokol kesehatan dan menghalang-halangi petugas COVID-19 saat mendatangi pondok pesantren miliknya di kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Muhammad Rizieq Shihab terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah," ujar hakim ketua Suparman Nyompa, saat membacakan surat putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (27/5/2021).

Habib Rizieq dinyatakan bersalah melanggar Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana denda sejumlah Rp 20 juta subsider 5 bulan kurungan," lanjut hakim Suparman.

Vonis majelis hakim lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum. Sebelumnya jaksa menuntut Habib Rizieq penjara selama 10 bulan dan denda Rp 50 juta subsider 3 bulan kurungan.

Menurut majelis hakim, kerumunan di Megamendung terbukti memenuhi unsur menghalang-halangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan. Unsur itu disebut terpenuhi karena ada pelanggaran prokes seperti tidak memakai masker serta tidak menjaga jarak. Majelis hakim juga menyatakan kerumunan di Megamendung memenuhi unsur pelanggaran UU Kedaruratan Kesehatan.

Hal yang memberatkan Habib Rizieq adalah terdakwa tidak mendukung pemerintah dalam percepatan pencegahan COVID-19. Sedangkan hal yang meringankan adalah terdakwa memenuhi janji tidak membawa simpatisan saat sidang.

Rekomendasi