Naik Sepeda Pakai Baju Batik, Anies: Cukup Helm, Tak Perlu Terlalu Khusus

Tim Editor

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda usai pulang kantor saat melintas di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari Kamis ini bersepeda bersama Duta Besar Belanda Lambert Grijns, dengan rute Bundaran Senayan sampai Balai Kota Jakarta dengan menggunakan batik dalam rangka menyambut hari sepeda sedunia.

Anies yang tiba di Bundaran Senayan pukul 06.45 WIB dengan mengenakan pakaian batik berwarna merah duduk di atas sadel sepedanya dengan dilengkapi helm, disambut oleh Dubes Belanda yang tiba lebih dulu di tempat yang sudah dijanjikan.

Saat ditemui di Bundaran Senayan, Anies menyebut dirinya dan Dubes Belanda yang mengenakan batik saat bersepeda untuk menuju tempat kerja, adalah untuk membangun pandangan bahwa bersepeda itu jangan dianggap sebagai olahraga saja tapi sebagai alat transportasi.

"Karenanya sepeda gak perlu sepeda khusus, gak harus sepatu khusus, sepeda bisa apa saja, pakaian bisa pakaian keseharian. Dan tinggal bersepeda pakai helmnya," kata Anies di lokasi.

"Di hari sepeda sedunia ini mari bersepeda ke tempat kerja dan pulang dengan bersepeda. Saya juga seperti itu, hari ini saya pakai sepeda dari rumah dan pakaiannya juga bukan olahraga, tapi seragam hari ini yakni batik," ujarnya menambahkan.

Tujuan dari ajakan itu, kata Anies, adalah semata-mata agar warga Jakarta lebih sehat jasmani dan rohani.

"Pesan utamanya kota ini akan sehat warganya jika lebih banyak jalan kaki dan naik sepeda karena itu disediakan oleh pemprov trotoar dan jalur sepeda nah harapannya dua pihak kerja sama, kami Pemprov siapkan infrastruktur, masyarakat bangkitkan kebiasaan," ucap Anies.

Selain dengan Dubes Belanda, Anies juga diketahui mengundang Dubes Denmark yang diwakili oleh staf kedutaan, Anggota V BPK RI Barullah Akbar, dan komunitas sepeda untuk bersepeda bareng ke Balai Kota.

Tag: sepeda anies baswedan batik DKI Jakarta

Bagikan: