Viral Video Detik-detik Crane Proyek Rel Ganda Bogor-Sukabumi Terguling, Warga Panik

Tim Editor

Crane Roboh (IST)

ERA.id - Video kendaraan alat berat crane ambruk di pembangunan double track Batu tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor viral di media Sosial.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theo Patricio Freitas membenarkan peristiwa tersebut.

Menurut Theo kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu (6/6/2021) sore kemarin setelah hujan deras mengguyur lokasi proyek.


"Kendaraan alat berat crane terguling saat sedang mengangkat rangka besi jembatan lama rel kereta Bogor-Sukabumi," ujar Theo, Senin (07/06/2021).

Theo mengungkapkan personil TRC-PB BPBD Kota Bogor sudah melakukan pengecekan kelokasi kejadian kendaraan alat berat crane terguling yang terjadi diwilayah area proyek double track kereta api Bogor - Sukabumi Jalan Raya Cipaku RW 01 Kelurahan Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

"Sebab kejadian atau penyebab kejadian belum bisa diketahui dikarenakan pihak dari proyek tertutup saat personil akan bertanya mengenai hal itu," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat, Erni Basri menjelasakan peristiwa tergulingnya kendaraan alat berat crane terjadi pada saat pekerjaan pengangkatan rangka atau gelagar jembatan eksisting.  Saat itu pengerjaannya dalam keadaan hujan gerimis.

"Untuk penyebab kejadian saat ini masih dalam penelitian konsultan pelaksana,” ujar Erni melalui keterangannya, Senin (07/06/2021).

Erni mengungkapkan sebagai upaya penanganan, sambung dia, lokasi pekerjaan telah diamankan dan dilakukan sterilisasi. Termasuk pemasangan safety line dan pengamanan crane dengan ditutup terpal.

Rencananya, Erni mengatakan, akan dilakukan evakuasi crane yang akan dilaksanakan hari ini sekitar pukul 10.00 WIB. Pantauan Republika di lokasi, posisi crane pada pukul 11.00 WIB masih dalam kondisi terguling.

Selain itu juga mendatangkan matrial sirtu untuk perkuatan jalan akses dan pembuatan platform atau landasan kerja untuk evakuasi crane.

"Evakuasi crane dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2021 jam 10.00 WIB,” pungkasnya.

Tag: kecelakaan infrastruktur bogor crane roboh

Bagikan: