Anies Usai Disuntik Vaksin AstraZeneca: Timbul Gejala Flu dan Pegal Linu

| 29 Jun 2021 14:07
Anies Usai Disuntik Vaksin AstraZeneca: Timbul Gejala Flu dan Pegal Linu
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan pengalamannya usai mendapat vaksinasi Covid-19 merek AstraZeneca.

Anies mengaku sempat merasakan pegal dan linu di persendian usai menjalani vaksinansi.

"Apakah ada gejala sesudahnya? Ya ada, yaitu pegal di lengan dan seperti temuan riset dan dikatakan dokter ada rasa pegal/linu di sendi-sendi," tulis Anies melalui akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, yang dikutip Selasa (29/6/2021).

Selain itu, yang dirasakan setelah disuntik vaksin AstraZeneca seperti timbulnya gejala flu. Namun demikian tidak disertai pilek dan batuk.

Untuk mengatasi efek dari vaksin tersebut, Anies mengaku mengkonsumsi Paracetamol yang memang diberikan kepada warga usai menjalani vaksinasi.

“Kira-kira mirip dengan gejala flu, tapi tanpa pilek dan batuk. Cukup minum paracetamol yang memang diberikan saat vaksin, alhamdulillah ketidaknyamanan itu berkurang,” kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan, durasi efek samping yang dirasakan setelah vaksin Covid-19 relatif tak berlangsung lama.

"Itu berlangsung kira-kira selama 1,5 hari, sesudah itu semua gejala hilang dan kembali seperti biasa," ujarnya.

Anies pun mengimbau warga untuk melakukan vaksinasi sebagai upaya bersama untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Vaksinasi salah satu ikhtiar kita menjaga diri dan orang-orang terdekat yang kita sayangi. Kamu sudah divaksin juga?" tuturnya.

Anies Baswedan sebelumnya tak dapat menerima vaksin lantaran dirinya penyintas Covid-19. Anies dinyatakan positif Covid-19 pada awal Desember 2020. Setelah menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya di Taman Suropati Menteng, Jakarta Pusat, Anies pun akhirnya dinyatakan negatif Covid-19 pada 28 Desember 2020.

Rekomendasi