Viral Penipuan Penjualan Tabung Oksigen Manfaatkan Kepanikan Warga, Dijual Rp750 Ribu, Barang Tak Kunjung Datang

| 09 Jul 2021 19:16
Viral Penipuan Penjualan Tabung Oksigen Manfaatkan Kepanikan Warga, Dijual Rp750 Ribu, Barang Tak Kunjung Datang
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Tiga pelaku penipuan penjualan tabung oksigen yang sempat viral melalui akun Instagram @uminacollection_99 diringkus aparat kepolisian di kediamannya langsung yang berada di Sulawesi Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan tiga tersangka yang berinisial ATKG, SA, dan AS menawarkan tabung oksigen dengan harga Rp750 ribu.

"Harga tabung yang dijual Rp750 ribu," ungkap Yusri dalam konferensi pers, Jumat (9/7/2021).

korban dari aksi penipuan penjualan tabung oksigen melalui media sosial ini sangat banyak. Namun, yang baru melaporkan ke Polda Metro Jaya baru dua korban saja, dengan nilai kerugian mencapai kurang lebih Rp10 juta.

"Pertama, di Jakarta Utara, dia ditipu membeli satu tabung dengan transfer Rp750 ribu tapi tidak kunjung datang. Kemudian, korban kedua di Jakarta Pusat membeli dan mentransfer Rp750 ribu dikali 9 tabung. Uang sudah masuk ke penjual, tapi tabung tidak dikirimkan," imbuhnya.

Yusri menegaskan, pihaknya akan terus mengusut kasus penipuan berkedok penjualan tabung oksigen di tengah pandemi Covid-19. Ia juga meminta agar para pelaku berhenti mencari keuntungan di tengah situasi masyarakat yang sedang susah.

"Kemanapun akan kami kejar. Jadi tolong, berhenti, jangan susahkan masyarakat, jangan mencari keuntungan saat masyarakat sedang susah," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, aparat kepolisian telah berhasil meringkus tiga pelaku penipuan penjualan tabung oksigen. Ketiganya yang merupakan warga asli Sulawesi Selatan menjual tabung oksigen seharga ratusan ribu rupiah.

Dalam proses penangkapan, polisi datang langsung ke kediamannya di Sulawesi Selatan untuk meringkus para pelaku.

Rekomendasi