Dianggap Mewah, Seorang Netizen India Mengira Stasiun Gambir Jakarta Adalah Bandara

Tim Editor

Suasana Stasiun Gambir saat arus mudik (Ilham/era.id)

ERA.id - Seorang pria dari luar negeri alias bule, mengulas pengalamannya menggunakan kereta api Indonesia di YouTube. Tak lama kontennya viral.

Uniknya, dalam video berjudul "Bule reviews Argo Bromo Anggrek Luxury Indonesian Train" itu, ada netizen dari India yang berkomentar.

Ia bilang, Stasiun Gambir di Jakarta menurut mereka mirip bandara di India. Wah. Hal itu dikabarkan pertama kali oleh akun Twitter @ridu pada 20 Mei 2021.

Dalam unggahannya itu, @ridu membagikan tangkapan layar sejumlah komentar warganet India yang menulis kalau India seharusnya belajar dari Indonesia tentang cara menjaga stasiun kereta api.

"India seharusnya belajar dari Indonesia bagaimana cara untuk memelihara stasiun kereta api. Lihat saja stasiun kereta api itu (Stasiun Gambir) seperti bandara," tulisnya.

Sampai di situ? Tidak. Warganet lainnya juga memuji kebersihan Stasiun Gambir.

"Stasiun kereta api lebih bersih daripada bandara. India seharusnya belajar dari Indonesia... Cinta Indonesia dari India," tulis pemilik akun @PraneethGSKTech360.

Ada juga komentar dari netizen Filipina. "Layanan kereta api (Indonesia) jauh lebih baik daripada di Filipina. Saya rasa pemerintah sudah melakukan yang terbaik dalam memberikan pelayanan, masalahnya ada pada orang-orangnya. Tak ada disiplin dan kerja sama untuk meningkatkan sistem," tulisnya.

Ada juga warganet Indonesia yang berkomentar di akun @ridu. Ia malah mengenang eks Menhub Jonan.

"Dulu mah persis kaya India sebelum pak Jonan turun tangan, masih kebayang naik ekonomi ke Jakarta lagi enak" tidur tiba" kepala dipijet pake ginian sama pedagang asongan yang masuk," cuit akun @ganangsay. 

"Wah, kalo pernah ke stasiun kereta api di India sih, ngenes... Coba cari dokumenternya The Great Indian Railways," tulis akun @fajarnugros.

Banyak juga warganet yang mengucapkan terima kasih telah berbagi pengalaman dan memuji kereta api Indonesia yang ditumpanginya.

Untuk diketahui, youtuber itu memang menjelaskan pengalaman naik kereta api KA Argo Anggrek dari Jakarta ke Surabaya.

Dalam videonya, ia merekam perjalanan mulai dari stasiun sampai di dalam kereta. Ia mengungkapkan tarif kereta tersebut sekitar Rp1,3 juta dan termasuk murah untuk mendapatkan layanan seperti di kelas bisnis di pesawat terbang.

Tag: viral kereta api pt kai gambir

Bagikan: