Cara Menuju Bandara Kertajati dari Jakarta dengan Kereta Api dan Damri

| 01 Nov 2023 18:05
Cara Menuju Bandara Kertajati dari Jakarta dengan Kereta Api dan Damri
Cara menuju bandara kertajati dari jakarta (X)

ERA.id - Berencana melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Bandara Internasional Kertajati? Untuk itu, Anda harus tahu cara menuju Bandara Kertajati dari Jakarta berikut ini.

Melalui artikel ini akan dibahas berbagai opsi dan rincian penting untuk membantu Anda sampai ke Bandara Kertajati dengan mudah menggunakan transportasi umum kereta api.

Cara Menuju Bandara Kertajati dari Jakarta

  1. Jakarta-Bandung-Bandara Kertajati

Dikarenakan jarak yang relatif dekat dengan Jakarta, banyak penduduk Jakarta yang menyukai perjalanan menggunakan kereta api menuju Bandung. Selain itu, waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Bandung hanya sekitar 3,5 jam dan terbebas dari kemacetan.

Stasiun Bandung Hall adalah stasiun utama di Bandung dan melayani hampir semua jenis kereta api, termasuk kereta eksekutif, bisnis, dan ekonomi, yang datang atau berangkat dari Jakarta, Surabaya, Cirebon, Malang, dan Surabaya.

Selain Stasiun Bandung Hall, terdapat juga beberapa stasiun lain di Bandung, seperti Stasiun Kiaracondong, Stasiun Cicalengka, dan Stasiun Rancaekek.

Sebagai contoh, rute kereta api dari Stasiun Gambir (Jakarta) ke Stasiun Bandung (Bandung) memiliki harga tiket mulai dari Rp 200.000.

Damri telah mengumumkan armada yang akan melayani tiga rute menuju Bandara Internasional Kertajati. Salah satu rute tersebut termasuk Bandung-Bandara Kertajati dengan tarif Rp150.000.

  1. Jakarta-Cirebon-Bandara Kertajati

Perjalanan dari Jakarta ke Cirebon memakan waktu sekitar 3 jam. Terdapat pilihan kereta api kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi yang tersedia menuju Stasiun Cirebon Kejaksan atau Cirebon Prujakan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Hampir semua kereta api yang melewati Cirebon berhenti di Stasiun Cirebon Kejaksan.  Harga tiket kereta api dari Stasiun Gambir (Jakarta) ke Stasiun Cirebon (Cirebon) mulai dari Rp 355.000.

Kemudian untuk naik bus Damri dari Cirebon ke Bandara Kertajati akan dikenai tarif Rp80.000.

  1. Jakarta-Kuningan-Bandara Kertajati

Dari Jakarta ke Kuningan, Anda dapat menggunakan bus Prima Jasa yang merupakan salah satu layanan bus yang beroperasi di terminal Lebak Bulus. Mereka menawarkan perjalanan antara Jakarta dan Kuningan.

Bus ini memiliki konfigurasi tempat duduk 2-3 dan termasuk dalam kelas ekonomi ber-AC. Tarif tiket bus Prima Jasa untuk rute ini adalah sebesar Rp 80.000, dengan jadwal keberangkatan mulai dari pukul 5 pagi hingga 7 malam.

Kemudian dari Kuningan menuju Bandara Kertajati, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus Damri dengan tarif Rp100.000.

Perlu diketahui, untuk saat ini pelayanan Damri berlangsung pada hari Rabu dan Minggu setiap minggunya. Penjadwalan tersebut disesuaikan dengan jadwal penerbangan reguler di Bandara Kertajati.

Tiket keberangkatan dari Bandung bisa diperoleh melalui loket Damri di Terminal Cicaheum. Sementara tiket keberangkatan dari Cirebon dan Kuningan dapat dipesan melalui loket Damri di Pos Petugas Pengawas Angkutan RM Brawijaya dan Terminal Kuningan.

Rute penerbangan yang pindah ke bandara kertajati (X)

Rute penerbangan yang pindah ke bandara kertajati

Sebelumnya pemerintah telah mengumumkan ketersediaan pemesanan tiket pesawat untuk rute perjalanan dari dan ke Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Berikut adalah daftar rute penerbangan yang akan dipindahkan ke Bandara Kertajati mulai Minggu, 29 Oktober 2023, seperti yang diinformasikan oleh akun Instagram Pesona Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif:

  1. Penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan (BPN).
  2. Penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarmasin (BDJ).
  3. Penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Hang Nadim, Batam (BTH).
  4. Penerbangan dari dan ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar (DPS).
  5. Penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar (UPG).
  6. Penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Kualanamu, Medan (KNO).
  7. Penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang (PLM).

Ketujuh rute ini akan dioperasikan oleh maskapai Citilink, Indonesia AirAsia, Super Air Jet, Lion Air, dan Batik Air.

Selain cara menuju Bandara Kertajati dari Jakarta, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi