Pemprov DKI Uji Coba Buka Wisata Ancol dan TMII, Jam Operasional dan Usia Pengunjung Dibatasi

| 08 Sep 2021 17:15
Pemprov DKI Uji Coba Buka Wisata Ancol dan TMII, Jam Operasional dan Usia Pengunjung Dibatasi
Ilustrasi Ancol (Dok. Antara)

ERA.id - Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba pembukaan dua tempat wisata yakni Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bagi masyarakat setelah pemerintah kembali melonggarkan aturan PPKM level tiga di Ibu Kota.

"Buka untuk uji coba dulu di TMII dan Ancol," kata Kepala Seksi Pengawasan Hiburan dan Rekreasi Bidang Industri Pariwisata Disparekraf Iffan Radja di Jakarta dikutip dari Antara, Rabu (8/9/2021).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 1072 tahun 2021 tentang PPKM level tiga yang di dalamnya mengatur uji coba pembukaan tempat wisata tertentu. Uji coba tempat wisata itu juga sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 tahun 2021 tentang PPKM level 4, 3 dan 2 di Jawa dan Bali berlaku 7-13 September 2021.

Dalam Keputusan Gubernur DKI yang terbaru itu, tempat wisata wajib mengikuti protokol kesehatan yang diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan. Kemudian, jam operasional hingga pukul 21.00 WIB dan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Selain itu, anak dengan usia kurang dari 12 tahun masih dilarang untuk memasuki tempat wisata selama masih dalam masa uji coba itu. Adapun daftar tempat wisata yang mengikuti uji coba itu ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Rencana uji coba pembukaan tempat wisata itu dilakukan setelah melalui pembahasan dalam rapat yang dipimpin langsung Gubernur Anies Baswedan pada Selasa (7/9).

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan uji coba pembukaan tempat wisata dilakukan bertahap, setelah lebih dulu restoran dan kafe hingga mal yang melalui uji coba pembukaan. Sedangkan untuk bioskop, kata dia, masih belum dibuka atau masih ditutup sementara.

"Bioskop mungkin belum, sabar ya ada tahapannya. Kan kita sudah membuka kafe, restoran kemudian pariwisata nanti kemudian tahapan-tahapan berikutnya," katanya di Balai Kota Jakarta, Selasa (7/9).

Rekomendasi