Pemilik Lapo Tuak di Dairi Bacok Pelanggannya yang Mabuk, Langsung Serahkan Diri ke Polisi

Tim Editor

Ilustrasi pembunuhan (Era.id)

ERA.id - Pertengkaran Jamson Siburian (56), warga Desa Gomit Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi dengan Berton Lumbantobing (35), pemilik Lapo (warung) Tuak setempat berakhir petaka. Jamson ditemukan tewas bersimbah darah setelah dibacok oleh Berton.

Jenazah Jamason ditemukan dengan kondisi terlungkup dan kepala penuh luka bacok, tak jauh dari rumahnya pada Sabtu (24/9/2021), pukul 00.30 WIB.

Kasubbag Humas Polres Dairi Iptu Donni Saleh mengatakan, pihaknya melalui Polsek Bunturaja melakukan pengecekan ke lokasi setelah mendapat informasi adanya tindak pidana pembunuhan tersebut.


"Tiba di lokasi kemudian kita melakukan pengecekan terhadap jasad korban yang saat itu terlungkup dan bagian kepala belakang terdapat luka diperkirakan 6 kali bacokan dan satu bacokan berada di bagian pundak," kata Iptu Donni, Senin (27/9/2021).

Lanjut dikatakan Donni, akibat luka robek pada kepala dan bahu dan diduga lantaran kehabisan darah, menyebabkan Jamson Siburian meninggal dunia. Saat ditemukan, di tangan kanan korban masih menggenggam sebongkah batu.

"Kita menghubungi Puskesmas Bunturaja untuk mengevakuasi jenazah korban dan dibawa ke RSU Sidikalang guna dilakukan Visum et refertum (Ver)," ujarnya.

Dijelaskan Iptu Donni, dari pengakuan pelaku Berton Lumbantobing dan keterangan sejumlah saksi di lokasi, tindak pidana menghilangkan nyawa orang tersebut bermula dari percekcokan antara korban dengan Berton di Lapo Tuak miliknya.

Pada Jumat malam sekira pukul 22.00 Wib, Jamson yang mulai mabuk akibat mengonsumsi minuman tuak, menimbulkan kegaduhan. Aksinya itu kemudian ditegur oleh Berton yang merupakan pemilik warung tuak.

"Karena menimbulkan kegaduhan, korban ini ditegur oleh pelaku agar kalau sudah mabuk segera pulang. Namu rupanya korban ini tidak terima ditegur dan akhirnya berujung adu mulut," ungkapnya.

Pada pukul 00.00 Wib, usai cekcok mulut dengan pelaku Berton, Jamson beranjak pulang ke rumahnya. Namun saat itu, pelaku yang kadung tersulut emosi membawa parang dan menyusul korban. Diperkirakan 10 meter sebelum sampai kediamannya, parang Berton mendarat di kepala korban secara bertubi-tubi hingga menyebabkan dia tersungkur ke tanah.

"Setelah membacok korban hingga meninggal dunia, pelaku Berton Lumbantobing menyerahkan diri ke Polres Dairi. Saat ini tersangka sudah kita tahan untuk proses pemeriksaan dan kondisi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Bunturaja aman dan kondusif," pungkasnya.

Tag: pembunuhan kriminalitas mabuk

Bagikan: