Kedelai Impor Berjaya, Produsen Tahu dan Tempe Merana: Kok Harganya Naik Terus?

| 21 Feb 2022 11:26
Kedelai Impor Berjaya, Produsen Tahu dan Tempe Merana: Kok Harganya Naik Terus?
Ilustrasi tempe

ERA.id - Sedikitnya 200 produsen tahu tempe di Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, melakukan mogok produksi karena melambungnya harga kedelai impor sebagai bahan baku utama komoditas itu.

"Untuk wilayah Kampung Rawa, ikut (mogok) bersama karena bentuk protes kita kepada pemerintah supaya cepat ditangani. Permasalahannya apa? Ini kok kedelai bisa selalu naik terus," kata salah satu perajin tempe, Agus, di Jakarta, Senin (21/2/2022).

Sebab mogok, praktis tak ada aktivitas produksi di Kampung Rawa, Bahkan hal ini diperkirakan hingga Rabu (23/2) ini.

Agus kembali menegaskan bahwa aksi mogok itu dipicu oleh naiknya harga kedelai impor hingga  Rp12.000 per kilogram (kg) atau meningkat signifikan dibandingkan harga normal berkisar Rp9.500-Rp10.000 per kg.

Senada dengan itu, perajin tahu tempe lainnya, Ahmad Abdullah, mengaku aksi mogok produksi dilakukan karena sebagian besar konsumen sebelumnya keberatan karena harga tempe yang dijual menjadi dua kali lipat.

"Harga kacangnya melambung tinggi sehingga harga jualnya juga tinggi, jadi susah. Orang-orang pada kaget beli tempe Rp5 ribu, sekarang Rp8 ribu, terus Rp10 ribu, terpaksa berhenti dulu lah," kata dia.

Ketua Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (Kopti) Jakarta Pusat, Khairun, meminta agar Pemerintah dapat melakukan penugasan kepada Perum Bulog untuk kembali melakukan impor kedelai.

Khairun menjelaskan jika importasi dilakukan oleh perusahaan swasta, pemerintah harus mengatur batas harga atas guna menciptakan kepastian produksi.

"Sekarang Bulog tidak impor kedelai, jadi susah, swasta yang beli. Memang perdagangannya jadi bebas, tetapi kita sebagai perajin jadi terombang-ambing karena tidak ada (batas) harganya," kata Khairun.

Rekomendasi