Tahu dan Tempe Langka di Pasaran, Pemkot Bandung Lakukan Sidak

| 22 Feb 2022 20:42
Tahu dan Tempe Langka di Pasaran, Pemkot Bandung Lakukan Sidak
Ilustrasi perdagang tahu dan tempe (Antara)

ERA.id - Ketersediaan tahu dan tempe di pasar Kota Bandung, masih tergolong sulit untuk didapatkan. Keberadaannya pun terbilang langka selama dua hari kedepan.

Dalam pantauan Era.id di sejumlah pasar Kota Bandung, pedagang tahu sangat sulit untuk ditemukan. Beberapa pasar yang dipantau adalah Pasar Sederhana, Pasar Cibogo dan Pasar Gegerkalong kota Bandung.

Kata Deni Firmansyah (45), pedagang di Pasar Cibogo mengatakan kalau pengiriman tahu sudah mulai mengalami masalah beberapa hari lalu, kemudian puncak kelangkaan baru terjadi kemarin dan mungkin 2 hari kedepan.

"Pedagang yang masih menyediakan tahu khususnya di pasar ini, memiliki konsekuensi harga jual yang tinggi juga, ada yang mau tapi banyaknya yang memilih untuk tidak beli," urai Deni kepada Era.id di Bandung, Selasa (22/2/2022).

Melihat kelangkaan tahu dan kedelai, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah mengungkapkan sosialisasi tersebut sudah dilakukan.

"Kemarin kami sudah melakukan sidak dan kami sampai hari ini terus melakukan pemantauan, agar ketersediaan bahan makanan terutama tahu dan tempe masih ada, tentunya harga yang ada dipasaran akan tinggi," ungkap Elly ketika dihubungi oleh Era.id.

Dikatakan Elly, pengrajin tahu yang masih beroprasi, salah satuya produsen tahu yang berada di Pasar Cibogo, karena di pasar tersebut terdapat 5 pengrajin tahu yang tetap memproduksi tahu walau harganya harus naik.

Selain tahu, dalam pantauan yang dilakukan, bahan makanan yang mulai naik adalah telur, gula, minyak dan ayam potong. Penyebabnya adalah tingginya permintaan namun menurunnya kualitas produksi.

Kami juga pernah menulis soal Kedelai Impor Berjaya, Produsen Tahu dan Tempe Merana: Kok Harganya Naik Terus? Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi