Ratusan Kios Lenggang Jakarta Monas Kebakaran, Polisi: Api Berasal dari Kios Tas Pak Lubis

| 31 Mar 2022 16:57
Ratusan Kios Lenggang Jakarta Monas Kebakaran, Polisi: Api Berasal dari Kios Tas Pak Lubis
Dok. Antara

ERA.id - Polres Metro Jakarta Pusat melakukan pendalaman penyebab kebakaran yang menghanguskan 172 kios Lenggang Jakarta di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis pagi.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Metro Jakarta Pusat, AKP Sam Suharto, menjelaskan, pengecekan awal terhadap lokasi kebakaran telah dilakukan oleh unit identifkasi Polres Metro Jakarta Pusat.

"Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan lebih mendalam dari Puslabfor Mabes Polri untuk mengetahui penyebab kebakaran," kata Sam Suharto saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan penyebab kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik.

"Api diduga muncul dari lapak atau kios sepatu dan tas milik Pak Lubis, kemudian merambat dengan cepat dikarenakan banyak bahan mudah terbakar," kata Asril, seeprti dilansir Antara.

Asril menjelaskan sebanyak 166 kios souvenir atau cendera mata dan 6 kios kuliner hangus akibat kebakaran tersebut.

Kerugian yang ditaksir terhadap kebakaran yang menghanguskan area seluas 600 meter persegi tersebut mencapai Rp1,2 miliar.

Adapun Lenggang Jakarta merupakan area "food court" di kawasan Monas yang letaknya berada di Parkir IRTI.

Kios Lenggang Jakarta diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pada 2015 silam untuk menampung pedagang kecil dan pedagang kaki lima yang dahulu berkeliaran di sekitar Monas.

Rekomendasi