Dana Hibah dari Pemkot Hanya Cair Rp1 Miliar, Ketua MUI Tangerang: Masih Jauh dari Program Kita

| 04 Apr 2022 16:24
Dana Hibah dari Pemkot  Hanya Cair Rp1 Miliar, Ketua MUI Tangerang: Masih Jauh dari Program Kita
Ketua MUI Kota Tangerang, KH Ahmad Baijuri Khotib (Antara)

ERA.id - Dana hibah yang diterima Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang tak sesuai dengan jumlah yang diajukan. MUI mengajukan dana Rp 2,5 Miliar pada 2022 ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang namun terealisasi Rp 1 Miliar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua MUI Kota Tangerang, Baijuri Khotib. Dana tersebut kata dia masih jauh dari program yang dimiliki MUI Kota.

"Masih jauh dari program kita. Pertama untuk kita kan dengan 13 Kecamatan, Kemudian komisi ada 13, kemudian lagi ada lembaga kalo tidak salah 4 atau 5. Belum lagi PKU (Pendidikan Kader Ulama) yang juga tidak tercover dalam program kita," ujarnya, Senin, (4/4/2022).

Baijuri mengatakan dana yang diajukan sebenarnya telah rasional dengan program yang dimiliki MUI Kota Tangerang. Namun, dengan dana yang terealisasi tersebut kata Baijuri tentunya hal ini harus membuat MUI putar otak untuk memaksimalkannya.

"Iya kemarin kita disampaikan ke pemerintah bahwa dua tahun Pandemi hari ini pemerintah ada keterbatasan PAD (Pendapaatan Asli Daerah)," tuturnya.

Baijuri mengungkapkan dana hibah yang terealisasi tahun ini setidaknya lebih besar dari sebelumnya. Dia mengungkapkan pada 2021 MUI Kota Tangerang menerima dana hibah Rp 750 juta, lalu di 2020 Rp 500 juta.

"Sehingga kegiatan coba kita kerjasama kan dengan pihak lain, kita kerjasma dengan banyak lah, yang penting tidak terikat dan halal kita tetap jalan. Memang ada dua pola, pertama pola kas MUI, dari para orang yang konsen dengan dakwah," ungkapnya.

Baijuri mengakui dana hibah yang diterima MUI Kota Tangerang memang lebih kecil bila dibandingkan dengan daerah tetangga seperti Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Meski begitu, MUI Kota Tangerang tak kehabisan akal untuk memaksimalkannya. Selain dari APBD, sumber dana MUI Kota Tangerang berasal dari kas dan juga kerjasama dengan pihak lain seperti perusahaan swasta.

"Ya kita doronglah pemerintah, kita juga ingin buktikan pemerintah dan masyarakat bahwa kita terus mengambil peran untuk terus membimbing umat mencerahkan dan memberikan pengajaran agama, kepada masyarakat kota Tangerang," katanya.

"Sehingga ketika peran kita terlihat baik oleh masyarakat dan juga pemerintah mudah mudahan support dan dukungan pemerintah terhadap dana semakin besar," pungkasnya.

Rekomendasi