Hendak Ikut Demo di Jakarta, Belasan Pelajar Kota Bogor Ditangkap

| 11 Apr 2022 14:13
Hendak Ikut Demo di Jakarta, Belasan Pelajar Kota Bogor Ditangkap
Sejumlah pelajar ditangkap Satgas Kota Bogor (Diman Sutini/ERA)

ERA.id - Satgas Kota Bogor mengamankan belasan pelajar SMK yang berasal dari Kabupaten Bogor dan Sukabumi. Mereka diamankan karena diduga hendak ikut melakukan demo atau unjuk rasa di Monas, Jakarta, Senin (11/4/2022). Para pelajar itu diamankan saat hendak naik KRL di Stasiun Bogor.

Ketua Harian Satgas Pelajar Kota Bogor Muhammad Iqbal mengatakan, sebanyak 18 pelajar diamankan, satu diantaranya merupakan pelajar perempuan.

Sedangkan Satgas juga mendapati ada tiga orang yang statusnya bukan pelajar turut diamankan karena dicurigai hendak mengikuti aksi demo ke Jakarta.

"Mereka adalah pelajar dari Kabupaten Bogor, bahkan ada yang berasal dari Sukabumi sudah sampai ke sini. Mereka kita amankan ketika akan ke Jakarta naik kereta api di Stasiun Bogor," kata Iqbal.

Satgas Kota Bogor melakukan patroli sejak aksi demo mahasiswa yang dilakukan pada pekan lalu. Selama dua, Jumat hingga Sabtu (9-8/4/2022) petugas juga mengamankan tiga orang pelajar yang hendak ikut serta melakukan demo di Istana Bogor.

"Kami mulai turun sejak Jumat, dan sabtu, pengamanan kita perketat karena puncak aksinya Senin (11/4). Sehingga disiapkan enam titik (pengamanan),  fokus utamanya, stasiun Bogor, dan Terminal Baranang Siang," jelasnya.

Dari pelajar yang saat ini terjaring, Ikbal menyebut, petugas mendapati pelajar di Stasiun Bogor.

Berdasarkan catatanya, sejumlah pelajar SMK tersebut berasal dari Leuwiliang, Pamijahan, Ciampea, Kabupaten Bogor.

Sedangkan pelajar lainnya yang diamankan berasal dari Parung Kuda, Kabupaten Sukabumi.

Saat ini mereka didata dan dipanggil masing-masing pembina sekolahnya, untuk selanjutnya diserahkan kepada orang tuanya.

"Kami panggil pembina sekolahnya untuk yang statusnya pelajar, tapi untuk tiga orang di luar pelajar kami serahkan ke Polresta," ucapnya.

Sedangkan dari keterangan sejumlah pelajar, mereka mengaku mau mengikuti aksi unjuk rasa di Jakarta karena melihat ajakan dari media sosial.

"Indikasinya kuat mau demo ke jakarta dari hp yang diperiksa, tau dari mana? Dari facebook ajakanya," tukasnya.

Sebelumnya, Satgas Pelajar Kota Bogor mengantisipasi ikut serta siswa melakukan demo atau unjuk rasa di Monas, Jakarta Senin (11/4/2022).

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bakal berunjuk rasa di Istana Negara pada 11 April 2022 dengan tuntutan menolak perpanjangan masa jabatan Presiden dan penundaan Pemilu 2024.

BEM SI mengajak aliansi mahasiswa serta BEM semua universitas untuk bergabung dalam aksi tersebut. Ajakan itu diinformasikan melalui instagram @bem_si.

Tak hanya itu, beredar undangan kepada seluruh anak SMA dan STM untuk bergabung dalam aksi tersebut.

Rekomendasi