Puncak Arus Mudik di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi Terjadi pada H-3 Lebaran 2022

| 13 Apr 2022 13:42
Puncak Arus Mudik di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi Terjadi pada H-3 Lebaran 2022
Ilustrasi penumpang bandara (Muhammad Iqbal/era)

ERA.id - Puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang diprediksi terjadi pada H-3 lebaran 2022. Sedangkan untuk puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+5 usai lebaran.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. Pihaknya pun telah mempersiapkan jelang mudik pada 1 April 2022 lalu.

"Untuk itu kami telah mempersiapkan angkutan lebaran, Terminal 1 sudah diaktifkan mulai 1 April. Dibukanya Terminal 1 untuk mendukung Terminal 2 dan Terminal 3 di Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya, Rabu, (13/4/022).

Menurut Awaluddin, dibukanya semua terminal di Bandara Soekarno-Hatta dapat mengurai kepadatan penumpang saat angkutan lebaran tahun ini.

Terutama, lanjutnya, rute domestik yang tiap tahunnya pasti memenuhi bandara terbesar di Indonesia itu.

"Dengan seluruh terminal beroperasi dan dukungan operasional 3 runway, ini akan memastikan kelancaran penerbangan rute domestik dan internasional di Bandara Soekarno-hatta," jelasnya.

Selain itu, Awaluddin menuturkan, pihaknya pun akan mengaktifkan kembali Skytrain yang telah lama tidak difungsikan akibat pandemi covid-19.

Skytrain sendiri yakni moda transportasi berbasis rel dengan tenaga listrik untuk perpindahan penumpang pesawat serta pengunjung bandara, dari dan ke Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 juga Stasiun Kereta Bandara.

"Pada periode angkutan lebaran 2022, Skytrain akan dioperasikan pada pukul 05.00-22.00 WIB. Kami sangat bersiap menghadapi lebaran tahun ini, dengan mengoptimalkan sumber daya di Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Rekomendasi