Puncak Arus Mudik Diprediksi H-4 Lebaran

| 17 Mar 2024 17:15
Puncak Arus Mudik Diprediksi H-4 Lebaran
Prediksi arus mudik (Era.id/Angga)

ERA.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak mudik masyarakat Jabodetabek saat libur panjang Lebaran 2024 pada Sabtu (6/4/2024) depan atau H-4 sebelum Idulfitri.

"Untuk pemilihan hari berangkat, untuk Jabodetabek terdapat perbedaan dengan nasional, di mana untuk Jabodetabek preferensi masyarakat berpergian itu dimulai dari H-4, ini yang paling tinggi. Kemudian disusul H-3 dan H-2," kata Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub, Robby Kurniawan saat konferensi pers virtual, Minggu (17/3/2024).

Waktu ini berbeda dengan prediksi puncak mudik secara nasional, yakni terjadi pada H-2 Lebaran atau Senin (8/4/2024). Robby pun menjelaskan jumlah pemudik Jabodetabek diprediksi meningkat jika dibandingkan 2023.

Untuk puncak arus balik warga Jabodetabek atau secara nasional diprediksi sama, yakni pada Minggu (14/4/2024).

"Kemudian untuk pulangnya tetap sama seperti nasional, memilih H+3, yaitu hari Minggu, di mana adalah satu hari terakhir sebelum mereka masuk lagi ke kantor kembali," tambahnya.

Kemenhub memprediksi tujuan daerah paling banyak masyarakat yang melakukan mudik ialah Jawa Tengah. Lalu disusul Jawa Timur, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

Masyarakat yang akan melakukan mudik diprediksi paling banyak menggunakan transportasi kereta api. Lalu disusul bus, kemudian mobil pribadi, dan sepeda motor.

Rekomendasi