Penampakan Pohon Tumbang Timpa 3 Rumah di Tangerang Akibat Hujan Deras

| 25 May 2022 21:13
Penampakan Pohon Tumbang Timpa 3 Rumah di Tangerang Akibat Hujan Deras
Pohon Tumbang (Antara)

ERA.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tangerang, Banten pada Rabu mengakibatkan satu pohon besar tumbang dengan menimpa tiga unit rumah warga di lingkungan RT/RW 04/08, Desa Cukanggalih, Kecamatan Curug.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) setempat bahwa peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB, ketika itu guyuran hujan deras mengakibatkan amblasnya tanah yang menopang pohon besar itu. Akibatnya, pohon jatuh secara perlahan ke arah rumah warga di sekitarnya.

"Pohon tumbang ini terjadi akibat tanah yang terguyur hujan, membuat akar tidak kuat menopang ditambah adanya angin," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir di Tangerang, Rabu (25/5/2022).

Ia menjelaskan, setidaknya dengan tumbangnya pohon itu tiga unit rumah warga mengalami kerusakan ringan pada masing-masing atapnya. Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Kondisi rumah mengalami kerusakan, tapi tidak parah. Hanya atap rumah rusak karena tertimpa ranting-ranting pohon dan tidak ada korban jiwa," katanya.

Ia mengungkapkan, untuk menangani atas kejadian tersebut pihaknya pun kini telah mengerahkan petugas untuk melakukan proses evakuasi dan perapihan pohon tumbang itu.

"Kita kerahkan sebanyak lima personil beserta perlengkapan untuk mengevakuasi pohon. Dan masih dalam penanganan oleh petugas BPBD dari Mako Curug Regu B," ujarnya.

Ia menambahkan, jika di lingkungan permukiman warga terdapat pohon yang tidak layak ataupun lapuk harap dilaporkan segera agar pihaknya bisa langsung melakukan penanganan.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tetap berhati-hati serta waspada ketika dalam kondisi cuaca ekstrem yang saat ini sering terjadi.

"Kita juga sudah memberikan bantuan logistik kepada tiga rumah yang terdampak itu, dan kita mengimbau masyarakat agar tetap waspada dalam kondisi cuaca seperti ini," kata dia.

Rekomendasi