Antisipasi Merebaknya Cacar Monyet, Dinkes Kabupaten Tangerang: Kami Waspadai Tempat Hidupnya Hewan Kera

| 31 May 2022 18:12
Antisipasi Merebaknya Cacar Monyet, Dinkes Kabupaten Tangerang: Kami Waspadai Tempat Hidupnya Hewan Kera
Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang (Muhammad Iqbal/Era.id)

ERA.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mengeluarkan surat edaran (SE) ke seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di wilayah setempat untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran penyakit cacar monyet (monkeypox).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Sumihar Sihaloho, mengatakan dalam SE itu setiap faskes melakukan edukasi kepada masyarakat terkait PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat).

"Kami berupaya menggelar berbagai edukasi terkait peningkatan pola hidup sehat, sebagai respon atas adanya informasi terkait adanya wabah cacar monyet yang saat ini terjadi di beberapa negara di Eropa," ucapnya, Selasa (31/5/2022).

"Yang utamanya dalam pencegahan penyakit cacar monyet ini adalah dengan tetap menjaga pola hidup sehat," lanjutnya.

Sumihar mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh kepala puskesmas, rumah sakit serta laboratorium untuk melakukan sosialisasi dan dapat mendeteksi sedini mungkin adanya penyakit cacar monyet tersebut.

"Penyakit cacar monyet ini disebabkan oleh adanya virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang bersifat highly pathogenic," ungkapnya.

Sumihar menjelaskan ciri-ciri penularannya terjadi gejala seperti mengalami demam tinggi, nyeri kepala, nyeri otot dan munculnya pembengkakan di kelenjar getah bening di beberapa bagian tubuh.

"Setelah itu, baru muncul seperti bintik-bintik atau cacar air di bagian tubuh. Jika terjadi interaksi langsung dengan cara bersalaman atau bersentuhan bersama orang yang sudah terpapar penyakit itu, maka terjadilah penularan," bebernya.

Menurut Sumihar untuk mengantisipasi penularan penyakit monkeypox yang bermula dari jenis hewan pengerat seperti monyet dan tikus.

Pihaknya pun telah bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang untuk melakukan pengawasan terhadap kesehatan hewan yang ada di wilayah tersebut.

"Jadi kami akan mewaspadai terhadap tempat-tempat hidupnya hewan kera supaya jangan sampai nanti terjadi penemuan kasus penyakit cacar monyet," jelasnya.

Rekomendasi