Anies Ajak Warga Jakarta Salat Iduladha di JIS, Pemprov DKI: Yang Ingin Berpartisipasi Lengkapi Vaksin Ketiga

| 08 Jul 2022 19:13
Anies Ajak Warga Jakarta Salat Iduladha di JIS, Pemprov DKI: Yang Ingin Berpartisipasi Lengkapi Vaksin Ketiga
Anies Baswedan (Instagram)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak umat muslim di Ibu Kota untuk melaksanakan ibadah Shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Ahad (10/7/2022).

"Lokasinya sama, prosesnya sama, mulainya jam 06.30 pagi," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Ia menjelaskan, pelaksanaan Shalat Idul Adha di JIS sama ketika Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah yang diadakan di sisi barat hingga setengah bagian utara dan selatan JIS.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau kepada warga yang ingin berpartisipasi untuk mematuhi tata tertib, melengkapi vaksin ketiga atau "booster" dan tetap memakai masker meski di ruang terbuka.

Sebelumnya, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan pelaksanaan Shalat Idul Adha di JIS sudah melalui koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta serta Lembaga-lembaga Islam lainnya.

"Silakan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti shalat dan khutbah Idul Adha secara khusyuk serta tidak berkerumun selepas kegiatan," katanya.

Sigit menerangkan berbagai infrastruktur untuk mendukung Shalat Id di JIS juga sudah disiapkan, seperti tempat wudu, tempat parkir dan toilet.

Meski telah disediakan tempat wudu, disarankan wudu dari rumah untuk mengurangi antrean dan pelaksanaan salat dapat dimulai tepat waktu.

Sigit menambahkan, rencananya yang menjadi Khatib adalah KH Syukron Mam'un serta Imam Shalat Id adalah KH Muhammad Ali.

Sementara itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta membuka gerai vaksinasi termasuk "booster" sebanyak 1.000 dosis per hari menggunakan mobil keliling di JIS mulai 8-10 Juli 2022.

Rekomendasi