Rangkum Lagu Recycle Melly Goeslaw, Putih Abu-Abu Bikin Nyanyikan Bimbang, Bunda, hingga Cinta Makin Easy Listening

| 19 Aug 2022 18:33
Rangkum Lagu Recycle Melly Goeslaw, Putih Abu-Abu Bikin Nyanyikan Bimbang, Bunda, hingga Cinta Makin Easy Listening
Putih abu-abu (Istimewa)

ERA.id - Group vokal asal Cianjur, Putih Abu-Abu yang terbentuk di tahun 2017 mengeluarkan mini album (EP) perdana mereka yang bertajuk ‘Tribute’. EP perdana Putih Abu-Abu merupakan tribute kepada Melly Goeslaw dimana di dalamnya berisi 5 lagu ciptaan Melly yaitu "Bunda", "Bimbang", "Butterfly", "Ayat-Ayat Cinta", dan "Cinta". 

Putih Abu-Abu membawakan lima lagu milik Melly Goeslaw dengan versi mereka sendiri. Kelima lagu dibalut dengan gaya pop easy-listening dan aransemen yang sesuai dengan profil vokal masing-masing personil. "Cinta’"yang dirilis hari ini menjadi lagu terakhir yang masuk ke dalam EP sekaligus menjadi focusing track.

“EP ini bercerita tentang persahabatan yang sudah terjalin chemistry, saling support dalam suka dan duka. Tapi kemudian ada konflik. Mereka para sahabat harus berpihak pada siapa. Disini mengedukasi kaum muda dalam pertemanan, dimana banyak contoh persahabatan hancur seketika ketika ego masing masing muncul,” ujar Alma satu personil Putih Abu-Abu dalam siaran pers tertulisnya, Jumat, 19 Agustus 2022.

Diakui semua personil, tantangan dalam membawakan lagu yang sudah lebih dahulu terkenal hingga saat ini tidaklah mudah. Namun, mereka berhasil menjadikan lagu-lagu tersebut dengan ciri khas Putih Abu-Abu yaitu harmonisme suara masing-masing personil di tiap lagunya.

“Total pengerjaan sendiri hampir 1 tahun dari single pertama ‘Bunda’ yang rilis tahun 2021. Pengalamannya banyak banget dan menantang karena kami harus menyatu.”ujar Cheryl.

 Intan personal lainnya menambahkan, “Dalam pembuatan EP ini bener-bener enggak boleh ada ego sendiri, belajar menghargai waktu dan orang lain.”

Karin, salah satu personilnya bercerita mengenai proses dibalik lagu ini hingga pembuatan video. Secara konsep mereka membuat lagu ini memiliki kaitan satu sama lain. “Garis besarnya tentang persahabatan kita berenam dengan bumbu-bumbu percintaan. Di single "Cinta" ini merupakan penutup dari kisah video klip lagu -lagu sebelumnya. Kita semua memiliki peran dan berakting di tiap video klipnya.”ujar Karin.

“Kalau aku tantangannya di berakting dari aku yang kadang suka lemot harus memerankan karakter yang menarik, happy dan easy going,” tambah Reikhansa.

Sementara Taya mengatakan, di 2 single terakhir ia dituntut harus nangis, ini menjadi pengalaman juga buat baru.

Mereka berharap EP perdana dapat diterima dengan hangat oleh pendengar musik di Indonesia dan bisa terus melekat.

”Harapannya walaupun kita recycle dengan genre yang sedikit berbeda tapi pendengar bisa ingat kalo lagu yang ini penyanyi nya itu Putih Abu-Abu," ujar Alma.

EP Tribute sudah dapat diputar di seluruh digital streaming platforms  di Indonesia. Official Music Video "Cinta" juga tayang di kanal youtube Putih Abu-Abu. Selain lima lagu di EP, mereka juga telah remake beberapa single garapan Melly Goeslaw seperti  "Bagaikan Langit" dan "Mungkin" . ‘Bagaikan Langit’ memperoleh 74 juta views  di youtube.bSementara  "Mungkin" mendapatkan 8.8 juta views.

Kolaborasi dengan Melly Goeslaw tidak hanya di lagu saja. Putih Abu-Abu juga membuat beragam konten bersama istri dari Anto Hoed itu. Salah satunya adalah ngobrol ‘Behind The Scene’ lagu-lagu ikonik Melly Goeslaw yang pernah di-remake oleh mereka. Konten lainnya seputar perjalanan karier Melly Goeslaw di industri musik, dan permainan bersama yang sudah bisa dinikmati di kanal youtube Putih Abu-Abu.

Produktif Berkarya selain Bermusik 

Grup yang beranggotakan 6 anggota perempuan yang terbentuk di tahun 2017 saat mereka masih SMA ini terdiri dari Cheryll FS (Cheryll), Tiara Kamilah (Taya), Karina Amelia Putri (Karin), Alma Thania (Alma), Reikhansa (Rei), dan Neneng Intan (Intan). Saat ini akun youtube Putih Abu-Abu memiliki subscribers sebanyak 7 juta dengan total lebih dari 1.75 milyar views. 

Mereka juga dikenal sebagai cover version group dan Youtube Shorts Star karena video yang diunggah seringkali trending. Tahun lalu, keunikan konten Shorts yang berisi tebak-tebakan lagu hits Coldplay mendapatkan apresiasi dari Coldplay

Rekomendasi