Hari Musik Nasional, Berikut Deretan Soundtrack Film Indonesia Paling Membekas Sepanjang Masa

| 09 Mar 2021 21:00
Hari Musik Nasional, Berikut Deretan Soundtrack Film Indonesia Paling Membekas Sepanjang Masa
Film Laskar Pelangi (Instagram)

ERA.id - Sebuah film tak lengkap rasanya tanpa kehadiran soundtrack atau pun musik di dalamnya. Bertepatan dengan Hari Musik Nasional, sejumlah soundtrack film Indonesia ini terpilih sebagai musom paling dikenang sepanjang masa. 

Perayaan Hari Musik Nasional bukan hanya berlaku bagi para musisi saja. Tetapi juga berlaku untuk para sineas tanah air di bidang perfilman. 

Tanpa kehadiran musik atau pun soundtrak, sebuah film akan ‘mati’ dan tak berwarna. Berikut ini lima soundtrack film tanah air yang paling berkesan dan membekas di hati penggemar. 

1. Laskar Pelangi - Nidji

Salah satu soundtrack paling hit hadir dari musisi tanah air, Nidji. Sesuai dengan judulnya “Laskar Pelangi”, lagu Nidji juga dijadikan soundtrack untuk film garapan Riri Riza berjudul serupa. 

Lagu ini sukses membuat para penonton makin percaya diri, berambisi untuk cita-cita, hingga membawa semangat penuh perjuangan. 

2. Jagoan - Sherina Munaf

Generasi 90-an tak lengkap rasanya kalau belum joget dan nyanyi ala Sharina dan Sadam di film Petualangan Sherina. Berbagai lagu yang ada di film anak ini jadi salah satu favorit yang wajib buat diputar. 

Salah satu lagu yang menjadi andalan ialah “Jagoan”. Lewat lagu ini generasi 90-an sukses dibikin kangen dengan aksi Sherina dan Sadam. 

3. My Heart - Acha Septriasa ft Irwansyah

l

Siapa yang masih ingat tentang kisah Luna, Ferel dan juga Rachel? Kisah cinta segitiga ini punya banyak soundtrack indah di dalamnya. 

Begitu juga dengan duet antar dua aktor utamanya, Acha Septriasa dan Irwansyah. Keduanya sukses bikin baper lewat lagu “My Heart”.

Selain lagu “My Heart”, film Heart yang juga dibintangi Nirina Zubir ini punya lagu-lagu lainnya yang tak kalah bagus loh. Sebut saja “Sampai Menutup Mata”, “Pecinta Wanita”, hingga “Berdua Lebih Baik”. 

4. Ayat-ayat Cinta - Rossa

Salah satu diva tanah air sekaligus juri ajang pencarian bakat, Rossa juga jadi salah satu musisi yang melekat dengan sebuah soundtrack film. 

Ocha, begitu panggilannya, membawakan lagu berjudul “Ayat-ayat Cinta” untuk film berjudul yang sama garapan Hanung Bramantyo. 

5. Ku Bahagia - Melly Goeslaw

Kisah Cinta dan Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) tak lepas dari geng cewek Cinta (Dian Sastro) yang populer di sekolah. 

Bahkan geng cinta semasa duduk di bangku sekolah punya satu tarian yang sangat identik dengan lagu “Ku Bahagia” dari Melly Goeslaw. 

Selain “Ku Bahagia”, lagu-lagu lainnya di film AADC juga tak kalah populer loh. Misalnya “Suara Hati Seorang Kekasih”, “Bimbang”, “Ada Apa Dengan Cinta”, “Tentang Seseorang”, dan juga “Denting”. 

For your information nih, semua soundtrack di film AADC itu dinyanyikan oleh Melly Goeslaw loh. 

6. Harta Berharga - Bunga Citra Lestari

Kalau kata BCL alias Bunga Citra Lestar harta yang paling berharga adalah keluarga, maka film Keluarga Cemara juga pas banget nih buat masukin lagu “Harta Berharga” ke filmnya. 

Buat siapa saja yang udah ngikutin Keluarga Cemara dari zaman televisi sampai film, pasti enggak bakal pernah lupa sama lagu “Harta Berharga”. 

Itu lah deretan soundtrack film Indonesia yang paling berkesan sepanjang masa. Selain bisa jadi pengingat, lagu-lagu ini juga bisa bikin penonton baper sekaligus nyanyi bareng pas nonton filmnya loh. 

Rekomendasi