Dianggap Hina Ulama, Pencipta Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet Minta Maaf: Itu Kurang Pemahaman

| 21 Aug 2022 15:22
Dianggap Hina Ulama, Pencipta Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet Minta Maaf: Itu Kurang Pemahaman
Tama Halu (Foto: YouTube/TAMA HALU 008)

ERA.id - Pencipta lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet, Tama Halu menyampaikan permohonan maafnya melalui video yang dibagikan akun YouTube pribadinya. Diketahui, lagu ciptaannya mengundang kontroversi belakangan ini.

Sebab, lagu tersebut dinilai merendahkan atau menghina ulama di masa lampau, Joko Tingkir yang merupakan kakek buyut para ulama di Tanah Jawa. Tama Halu menegaskan tak ada unsur kesengajaan apalagi menghina tokoh besar di Indonesia. Ia juga sudah mengubah lirik dari lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet.

"Tidak ada niatan saya melecehkan nama beliau. Saya akui saya karena tidak tahu dan kurang paham di balik sosok nama beliau. Saya memohon maaf sebesar-besarnya. Di channel saya, saya sudah mengubah lirik saya dan tidak menggunakan Joko Tingkir lagi," ujarnya, dikutip dari akun gosip @rumpi_gosip.

Tama Halu (Foto: Instagram/@rumpi_gosip)
Tama Halu (Foto: Instagram/@rumpi_gosip)

Merasa sangat bersalah, Tama Hali kembali meminta maaf apalagi permohonan maafnya dinilai kurang berkenan atau meresahkan masyarakat.

"Mohon dimaafkan, karena ketidaktahuan saya soal Joko Tingkir. Dan saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya, jika permohonan maaf saya ini kurang berkenan, atau kurang baik cara mengucapkan dan kurang sopan, sekali lagi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya," terangnya.

Tama menegaskan dirinya tidak ada niatan melecehkan nama tokoh besar tersebut. Sebagai penutup, ia berharap permintaan maafnya dapat diterima oleh masyarakat hingga para ulama yang sebelumnya sempat memprotes.

"Pada dasarnya tidak ada niatan saya melecehkan nama beliau, itu kurang pemahaman dan ketidaktahuan saya dan kekurangpahaman saya, memohon maaf sebesar-besarnya," ucapnya.

"Semoga video permohonan maaf saya ini bisa diterima. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan terima kasih," lanjutnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka mengapresiasi permohonan maaf dari Tama Halu.

"Aku lihat benar-benar tulus minta maaf karena dia enggak tahu dan banyak orang pun tidak tahu termasuk saya. Sukses terus mas dengan karya-karya terbaru," tulis akun @e_k****

"Meminta maaf yang tulus, dari raut wajahnya kelihatan kalau dia memang benar-benar enggak tahu, padahal lagunya enak," kata akun @cantika****

"Manusia tempat salah dan khilaf. Semangat berkarya masnya," lanjut akun @_auliaf****

Rekomendasi