Video Klip Via Vallen Jiplak IU, Langsung Jadi Bulan-Bulanan K-Popers

Tim Editor

Via Vallen (Foto: Instagram/@viavallen)

ERA.id - Via Vallen kini tengah menjadi sorotan dan cibiran para fans K-Pop. Banyak yang menuding bahwa video klip dari lagu terbarunya berjudul Kasih Dengarkanlah Aku merupakan hasil jiplakan.

Konsep video klip itu mirip dengan penyanyi asal Korea Selatan IU, berjudul Above The Time yang dirilis pada November 2019. Hal ini memancing amarah fans K-Popers hingga Via Vallen mendapatkan banyak serangan dimedia sosial.

Bahkan, nama Via Vallen dan MV IU berhasil menjadi trending Topic Twitter pada Sabtu (24/10/2020). Via Vallen angsung mendapat banyak serangan di berbagai media sosial. Mulanya, akun Twitter @ijieunal yang merupakan fans IU mengunggah kemiripan video clip lagu Kasih Dengarkanlah dengan MV lagu IU berjudul Above The Time.

"Saya mendapat informasi ini dari teman-teman saya. Baru tahu kalau konsep penyanyi Indonesia ini punya konsep yang mirip dengan MV IU Above the Time. Kami membutuhkan klarifikasi dari artis / agensinya untuk masalah ini. Benang kemiripan mereka di MV" tulis @ijieunal.

Ia menyandingkan beberapa scene dalam video klip Via Vallen dan IU. Ada pun potongan video saat tidur menghadap pemeran pria dengan latar belakang bunga.

Ada juga pemeran pria menuangkan air dalam gelas dan ditadahkan oleh IU. Selain itu, ada pun video klip kala IU bermain bulu yang ditirukan Via Vallen.

Video Klip Kasih Dengarkanlah Aku diunggah dikanal YouTube ascadamusik pada Jumat (23/10/2020). Video klip itu ramai komentar dari para K-popers dari berbagai negara.

"Hapus ini, jelas terlihat bahwa ini adalah versi salinan IU di atas waktu. Tidak sesuai untuk menggunakan ide atau konsep seseorang. Tim IU bekerja keras untuk video musik itu jadi tolong hapus ini," tulis Lesley Marie Paderes dengan berbahasa Inggris

"Mengambil inspirasi dari karya seniman lain tidak apa-apa, tetapi menirunya secara langsung sama saja tidak sopan terhadap seniman itu sendiri dan seluruh tim yang bekerja keras untuk itu. Saya berharap orang-orang yang bertanggung jawab untuk ini akan keluar dan menjelaskan karena sangat menyedihkan bahwa suara-suara luar biasa ini dikesampingkan karena fakta video musik ini secara terang-terangan dijiplak dari IU's Above the Time," kata jieun lee dengan berbahasa Inggris

"Plagiat MV IU. Nyontek Sedikit nggak masalah, lah ini hampir semua konsep dicontek. Take down nggak mau tau. Takdown buruan sebelum debut diberita Korea, jangan malu-maluin," kata Najma Fauilhaa

"Maen jiplak MV bias aing.. Nggak modal. Kau yang memulainya kau yang memulainya kau juga yang mengakhirinya. Jangan maen!!!," ungkap Lisa Jungkok

Hingga akhirnya, pihak Ascada Musik menuliskan klarifikasi terkait tudingan video klip Via Vallen mirip dengan IU didalam keterangan YouTube Ascada Musik.

"Menanggapi berbagai komentar dan reaksi dari Video Klip single terbaru Via Vallen Feat Dyrga Dadali yang berjudul “Kasih Dengarkanlah Aku”, dengan ini kami Ascada Musik menyampaikan beberapa tanggapan," tulis pihak Ascada Musik.

Saat ini, pihak management hanya menerima konsep dari pihak sutradara. Saat ini, pihak management tengah meminta klarifikasi dari sutradara.

"Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara. Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak management sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara," lanjutnya.

Via Vallen dan Dyrga Dadali hanya talent dalam video klip tersebut. Pihak management mengatakan jika kedua penyanyi ini tidak tahu menahu soal konsep dan ide video klip.

Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktifitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip.Demikian kiranya, beberapa tanggapan yang bisa kami sampaikan, atas berbagai komentar dan saran yang sudah kami terima, dari dirilisnya video klip tersebut. Terima kasih" tutupnya.

Tag: via vallen k-pop

Bagikan: