Profil Riz Ahmed, Muslim Pertama yang Masuk Jajaran Nominasi Oscar

| 16 Mar 2021 21:15
Profil Riz Ahmed, Muslim Pertama yang Masuk Jajaran Nominasi Oscar
Riz Ahmed (Instagram/@rizahmed)

ERA.id - Academy Awards atau Oscar kembali menuai sorotan usai mencetak sejarah. Kali ini Oscar menempatkan Riz Ahmed, aktor muslim pertama yang meraih nominasi Oscar 2021.

Terpilihnya Riz Ahmed ke jajaran nominasi Oscar 2021 ini menjadi salah satu bukti kesuksesan dirinya di bidang akting. Ia masuk ke jajaran Best Actor Oscar 2021 berkat Sound of Metal. 

Menjadi aktor muslim pertama yang bersaing dengan sejumlah aktor ternama, Riz Ahmed mengaku dirinya merasa terhormat bisa bersaing dengan Anthony Hopkins, Gary Oldman, Steve Yeun, hingga mendiang Chadwick Boseman. 

"Wow! Saya merasa terhormat dinominasikan oleh rekan aktor saya di samping penampilan yang menginspirasi, dan berterima kasih kepada Academy atas dukungan dan dorongan mereka," tulis Riz Ahmed di Twitter, Senin (15/3/2021)

Lalu, siapakah sebenarnya Riz Ahmed ini? Berikut profil singkat dan prestasi yang pernah didapatkannya. 

Berdarah Pakistan Lulusan Oxford

Riz Ahmed merupakan aktor berdarah pakistan yang terlahir dengan nama Rizwan Ahmed. Selain sebagai aktor, ia juga dikenal sebagai seorang rapper dan juga aktivis Inggris keturunan Pakistan. 

Ia tercatat sebagai salah satu keturunan Sir Shah Muhammad Sulaiman, orang India pertama yang menjabat Ketua Pengadilan Tinggi Allahabad di Uttar Pradesh di era kolonial. 

Tahun 1970-an orang tuanya memutuskan untuk pindah ke Inggris. Ahmed tercatat sebagai salah satu lulusan Merchant Taylors School, Northwood lewat program beasiswa. Ia juga menempuh pendidikan di Universitas Oxford dengan gelar PPE (Filsafat, politik, dan ekonomi).

Awal Mula Akting Hingga Penghargaan Pertama

Pada masa awal kariernya sebagai aktor, Ahmed dikenal lewat perannya di berbagai film independen seperti The Road to Guantanamo, Shifty, Four Lions, Trishna, hingga Nightcrawler. 

Selain layar lebar, aktor kelahiran 1 Desember 1982 itu juga dikenal tampil di berbagai miniseri, salah satunya The Night One. Berkat miniseri itu ia berhasil masuk ke Emmy Awards 2017 dan menerima dua nominasi sekaligus. 

Riz Ahmed pun memenangkan Outstanding Lead Actor in a Limited Series or Movie dan mencatatkan dirinya sebagai aktor Asia dan Muslim pertama yang memenangkan kategori tersebut.

Tahun 2014 ia mencoba peruntungan dengan membuat film pendek berjudul Daytimer. Ternyata kemampuannya dalam menulis dan mengarahkan film berbuah manis. Film itu berhasil memenangkan  Best Live Action Short di Festival Film Nashville. Selain itu, filmnya juga dinominasikan untuk Festival Film SUndance. 

Kehebatannya dalam berakting dan juga menulis naskah ini akhirnya mulai dilirik oleh sejumlah sineas ternama. Ia pun berhasil main untuk film Star Wars: Anthology Rogue One. Di film itu ia berperan sebagai Bodhi Rook. 

Sebelum namanya populer di The Sound of Metal, Ahmed lebih dulu menjajal film Venom dan berperan sebagai Carlton Drake. Di sini lah ia akhirnya bertemu dan menjalin persahabatan dengan Tom Hardy. 

Karier Bermusik

Kiprah Riz Ahmed di bidang musik bermula sejak ia duduk di bangku kuliah. Di kancah musik, ia dikenal dengan nama Riz MC. Saat masih kuliah di Oxford, ia merupakan salah satu penggagas acara musik Hit & Run di Oxford. 

Bahkan berkat terbentuknya Hit & Run, acara musik itu dipindahkan dan menjadi salah satu acara musik terkemuka di Manchester. Ahmed juga bergabung dengan Confidential Collective, band jazz-house/electornica yang terdiri dari 12 orang. 

Tahun 2006, salah satu lagu yang direkamnya bocor. Lagu berjudul "Post 9/11 Blues" itu dibocorkan oleh temannya dan mendapat popularitas di internet. Sayangnya lagu itu sempat dilarang di Inggris. Hal ini mengacu pada liriknya yang dianggap sensitif di kancah politik. 

Sejak kejadian itu, Ahmed memutuskan untuk mendirikan label rekamannya sendiri bernama Battered Records dan secara resmi merilis "Post 9/11 Blues" di tahun 2006. ia juga berhasil memenangkan Best MC di Asian Music Awards 2006. 

Setahun kemudian, Ahmed merilis single keduanya, "People Like People". Lalu, dari tahun ke tahun ia diundang ke berbagai acara musik bergengsi seperti Meltdown Festival, Royal Festival Hall, Southbank Centre, hingga Kamp London. 

Memasuki tahun 2011 ia memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan Tru Thoughts, label rekaman di Brighton setelah merilis album debutnya, Microscope. Di album itu, ia merilis salah satu lagu dan video klip "Sour Times", yang didalamnya ada penampilan Plan B, Scroobius Pip, Jim Strugess, dan juga Tom Hardy. 

Tak berhenti sampai di situ saja, Ahmed juga tercatat sebagai bagian dari grup Swet Shop Boys bersama Heems. Bersama Swet Shop Boys, ia debut lewat album Swet Shop. 

Salah satu lagunya, Ïmmigrants (We Get The Job Done)", berhasil masuk ke tangga Billboard 200. Bahkan di tahun 2017, lagu tersebut berhasil memenangkan penghargaan Best Fight Against the System di MTV Video Music Awards 2017. 

Kini Rizwan Ahmed alias Riz Ahmed kembali mengukir sejarah. Ia berhasil masuk ke salah satu nominasi Oscar 2021 sebagai Best Actor. Ia mencatatkan dirinya sebagai aktor muslim pertama yang masuk ke nominasi tersebut.  

Rekomendasi