Prihatin Akan Kondisi Palestina Akibat Serangan Israel, Iwan Fals Nyanyikan Lagu Khusus "Palestina"

| 17 May 2021 15:30
Prihatin Akan Kondisi Palestina Akibat Serangan Israel, Iwan Fals Nyanyikan Lagu Khusus
Iwan Fals (Foto: IG @iwanfals)

ERA.id - Musisi senior Indonesia Iwan Fals juga ikut menyoroti serangan militer yang dilakukan oleh Israel kepada Palestina baru-baru ini. Beda dengan yang lainnya, Iwan Fals memberikan dukungannya kepada Palestina melalui sebuah lagu berjudul "Palestina", yang diunggah di channel YouTubenya pada Sabtu (14/5/2021).

Melalui video yang diunggahnya, musisi 59 tahun itu mengatakan bahwa sebenarnya lagu tersebut telah dibuatnya sejak enam tahun yang lalu. Namun, rasa prihatinnya akan kondisi Palestina belakangan ini membuatnya merasa perlu untuk menyanyikan kembali lagu tersebut.

"Enam tahun yang lalu saya buat lagu ini dan hari ini, saya ingin menyanyikan lagi sebagai bentuk keprihatinan saya terhadap yang terjadi di Gaza akhir-akhir ini, Palestina," ujar Iwan.

Menurut pandangannya, Iwan mengatakan bahwa perseteruan yang terjadi antara Israel dan Palestina ini terjadi karena rasa dendam dan amarah yang berkepanjangan, sehingga susah untuk dihentikan.

"Ya susah, emosi, nafsu, panas, tapi ya itu mereka harus memutuskan. Berani tidak memutuskan itu? Karena dendam kalau diikut-ikuti kan tidak selesai. Sampai kapan? Ya intinya, rasa damai ingin berperang itu kan manusia, ya sudah hentikan saja," kata Iwan Fals.

Dengan menyanyikan sebuah lagu khusus untuk Palestina dan mempublikasikan pendapatnya, Iwan berharap dapat memberi masukan kepada pemimpin-pemimpin negara.

"Ya siapa tahu, renungan abal-abal ini menjadi inspirasi bagi para pengambil keputusan, terutama untuk para pemimpin, yang memutuskan perang kan dari pemimpin. Rakyat ya bisa apa, kan hanya ikut saja," ungkap Iwan Fals.

Sementara itu, serangan yang dilakukan oleh Israel kepada Palestina ini sudah terjadi sejak Senin pekan lalu. Serangan militer ini bahkan sudah menghancurkan beberapa tempat dan menewaskan 145 orang, yang 41 di antaranya adalah anak-anak.

Rekomendasi