Soundtrack Web Series Bank BRI Pakai Hati Dituding Plagiat Lagu Wendy Red Velvet, Begini Klarifikasi Tim Produksi

| 07 Jun 2021 12:35
Soundtrack Web Series Bank BRI Pakai Hati Dituding Plagiat Lagu Wendy Red Velvet, Begini Klarifikasi Tim Produksi
Web series Pakai Hati (Foto: IG @bankbri_id)

ERA.id - Baru-baru web series Pakai Hati yang dirilis oleh Bank BRI mencuri perhatian penggemar KPop, khususnya Luvies (penggemar Red Velvet). Hal ini lantaran soundtrack yang digunakan pada web series tersebut dituding sangat mirip dengan lagu milik Wendy Red Velvet.

Tudingan plagiat ini mencuat usai perilisan episode 2 web series Pakai Hati season 3 di kanal YouTube Bank BRI. Pada episode tersebut, penonton menyoroti soundtrack yang mengiringi episode tersebut. Menurut mereka, soundtrack tersebut sangat mirip dengan lagu Wendy yang berjudul "Because It's You", yang dijadikan soundtrack dari drama Korea Mimi yang rilis tahun 2014 lalu.

"Kok OST nya kayak lagu Wendy Red Velvet ya? Ini udah beli dari SM apa gimana??? Jangan2 plagiat? Mohon kejelasannya euy," ujar salah satu penggemar.

"Wait, btw ini lagu endingnya mirip punya Wendy Red Velvet Because I Love You, yagasi?" ucap yang lainnya.

"Soundtracknya mirip soundtrack drakor mimi ga sih yang dinyanyiin Wendy RV 7 tahun lalu, judulnya Because I Love You?" tanya yang lainnya.

Mengenai tudingan plagiat ini, tim produksi web series ini akhirnya memberikan klarifikasi langsung melalui kolom komentar di video tersebut, pada Minggu (6/6/2021). Mereka mengaku bahwa OST untuk serial ini benar-benar diciptakan oleh kreator khusus mereka hanya untuk web series tersebut.

"Kami selaku tim produksi Pakai Hati season 3, izinkan kami menjelaskan bahwa lagu tersebut diciptakan oleh kreator kami khusus untuk serial ini," klarifikasi tim produksi.

Mereka juga menjelaskan bahwa dalam menciptakan lagu ini, penulis lagu tidak menggunakan atau mencari referensi dari lagu lain. Menurut mereka jika adanya kesamaan dengan lagu lainnya, hal itu merupakan suatu ketidaksengajaan.

"Dalam menulis lagu soundtrack Pakai Hati, pencipta lagu tidak menggunakan bagian nada, aransemen, ataupun pengarahan musik yang diambil dari lagu lain. Jikalau ditemukan adanya kemiripan dengan lagu tertentu lain, maka bukan merupakan suatu kesengajaan," jelas tim produksi serial Pakai Hati season 3.

Sementara itu, serial Pakai Hati season 3 ditayangkan setiap hari Jumat di channel YouTube BRI. Serial ini dibuat untuk menginformasikan layanan-layanan yang ada di bank tersebut. Untuk season 3 ini, serial ini diperankan oleh Adinda Thomas, Rizky Nazar, Bryan Domani.

Rekomendasi