Dewa 19 Gandeng Yura Yunita Rilis Ulang Lagu Kangen dan Risalah Hati

| 23 Jul 2021 18:25
Dewa 19 Gandeng Yura Yunita Rilis Ulang Lagu Kangen dan Risalah Hati
Dewa 19 Kolaborasi Dengan Yura Yunita (Dok: Official Dewa 19)

ERA.id - Dua lagu hit dan populer milik Dewa 19, 'Kangen' dan 'Risalah Hati' dirilis ulang dengan versi terbaiknya. Dewa 19 pun menggandeng penyanyi cantik berusar merdu, Yura Yunita untuk menghidupkan kembali lagu yang populer di tahun 1990-an.

Pemilihan Yura Yunita sebagai musisi wanita yang menyanyikan ulang dua lagu hit Dewa 19 ini diyakini oleh Ahmad Dhani bisa mengalahkan versi sebelumnya. Di mana dua lagu itu pernah dibawakan oleh mendiang Chrisye dan juga Sophia Latjuba.

"Saya yakin banget single “Kangen” versi Yura ini bisa mengalahkan lagu “Kangen” yang pernah dibawakan versi Alm. Chrisye dan Sophia Latjuba dulu tahun 2000-an," kata Ahmad Dhani dalam siaran pers yang diterima ERA.id, Jumat (23/7/2021).

Lalu, kata Ahmad Dhani, pemilihan Yura ini juga akan memberikan efek magis terhadap lagu yang sudah dirilis sejak tahun 1992 itu. Apalagi untuk versi Yura Yunita, Ahmad Dhani mengemasnya dengan aransemen orkestra yang terdengar lebih mewah dari versi sebelumnya.

Dalam pengerjaan musik aransemen orkestra, Ahmad Dhani juga dibantu oleh Guntur Pardjono Putra. Ahmad Dhani juga tak menutup mata bahwa lagunya sudah banyak dibawakan ulang oleh banyak orang. Tetapi dia yakin Yura Yunita bisa menyampaikan dua lagu hit itu dengan versi yang lebih unik.

"Banyak orang yang pernah meng-cover lagu ini, tapi saya yakin Yura Yunita ini berhasil menyanyikan lagu ini dengan cara nyanyi dia sendiri yang unik, berbeda dari yang lain," ujarnya.

Kedua lagu yang dinyanyikan ulang oleh Yura Yunita ini nantinya akan menjadi bagian dari rangkaian rilisan menuju perhelatan selebrasi Dewa 19 ke 30 tahun, yang puncaknya akan berlangsung pada 2022 mendatang.

Dewa 19 Kolaborasi Dengan Yura Yunita (Dok: Official Dewa 19)
Dewa 19 Kolaborasi Dengan Yura Yunita (Dok: Official Dewa 19)

Ahmad Dhani mengaku bahwa dalam setiap karya musiknya, dia ingin menunjukan keahliannya dalam bermusik. Begitupun dengan kolaborasi ini, ia ingin menunjukan keahliannya dalam mengolah lagu yang sudah familiar ini, menjadi sangat otentik khas Yura Yunita dengan kemampuan teknik vokalnya serta aransemen musik yang belum pernah ada sebelumnya di versi lain lagu-lagu ini.

Bukan hanya sekadar menyanyikan ulang versinya saja, Yura Yunita juga turut terlibat dalam proses aransemen orkestra bersama Ahmad Dhani. Dikatakan oleh Ahmad Dhani, proses rekaman dua lagu ini berlangsung selama satu bulan.

Mendapat tawaran dari musisi legenda Indonesia, pelantun 'Tenang' itu mengaku terkejut dan tidak menyangka dihubungi oleh Ahmad Dhani secara langsung. Menurut pengakuan Yura, saat itu ayah dari Dul Jaelani itu mendapatkan nomornya dari vokalis band Gigi, Armand Maulana.

"Kaget banget sih waktu awal di kontak sama Mas Dhani buat main ke rumahnya. Katanya dapat nomorku dari mas Armand Maulana. Ternyata diajak untuk merilis kembali lagu favorit aku, yang bahkan lagu 'Kangen' itu udah ada sebelum aku lahir di dunia ini," kata Yura Yunita.

Sebagai penggemar berat Dewa 19 yang tumbuh besar dengan karya musik jenius dari Ahmad Dhani, Yura mengaku bangga akhirnya bisa berkolaborasi bersama musisi idolanya. Dia bahkan menyebut hal ini sebagai salah satu impian yang akhirnya bisa tercapai.

"Gak pernah nyangka dan bangga banget pastinya!" tegasnya.

Lagu 'Kangen' dan 'Risalah Hati' versi Yura Yunita sudah bisa didengarkan mulai hari ini, Jumat 23 Juli 2021 melalui semua layanan streaming. 

Rekomendasi