Agnez Mo Disebut Gagal Go Internasional, Anggun C Sasmi: Penyanyi Dipikirkan Karaktermu di Mana

| 31 Aug 2021 14:30
Agnez Mo Disebut Gagal Go Internasional, Anggun C Sasmi: Penyanyi Dipikirkan Karaktermu di Mana
Kolase foto Agnez Mo dan Anggun C Sasmi (Foto: Instagram)

ERA.id - Belakangan ini, wawancara lawas Anggun C. Sasmi pada tahun 2015 menjadi viral dimedia sosial. Kala itu, presenter bertanya kepada pelantun lagu "Mimpi" mengapa banyak penyanyi asal Indonesia yang gagal go internasional, kecuali Anggun C Sasmi.

Dengan bijak, Anggun C Sasmi mengatakan jika memang belum saatnya. Presenter itu menyeret nama Agnez Mo yang dinilai gagal menembus kancah Internasional padahal sudah mati-matian memperjuangkan mimpinya. Tapi, Anggun menjawab jika Agnez Mo sudah berjuang keras.

Anggun C Sasmi (Foto: Instagram/@lambe_corner)
Anggun C Sasmi (Foto: Instagram/@lambe_corner)

"Mungkin belum," papar Anggun C Sasmi, dikutip dari akun Instagram @lambe_corner pada Selasa (31/8/2021).

"Mungkin belum, dan aku pikir begini, yang jelas mereka berusaha untuk melakukan sesuatu itu seharusnya kita semangati. Kan ada kerja keras, ada faktor keberuntungan juga," lanjutnya.

Anggun C Sasmi memberikan tips bagi penyanyi Indonesia yang ingin go internasional. Menurutnya, penyanyi itu harus memiliki karakter unik dan berbeda dari yang lain.

"Dan mungkin seperti yang aku tadi bilang, dalam sisi karakter, ini mungkin harus yang di-shape dulu, dibentuk. Apakah melihat satu orang penyanyi yang datangnya dari negara lain, apakah penyanyi ini mengingatkan dengan penyanyi yang sudah ada di negara tersebut, kalau begitu kan sayang," tutur Anggun.

Anggun menjelaskan dirinya yang memiliki ciri khas dan keunikan sendiri, sehingga tak sama seperti penyanyi internasional lainnya. Mulai dari busana, karakter, jenis musik, hingga cara bernyanyinya di panggung.

Agnez Mo dan Anggun C Sasmi (Foto: Instagram)
Agnez Mo dan Anggun C Sasmi (Foto: Instagram)

"Makanya kan kalau aku datang ke satu negara, gak ada seorangpun yang mirip denganku, aku punya jenis musikku sendiri. Cara bernyanyi yang milik aku, juga cara aku berpakaian, atau bertutur ini karakter aku, ini sisi kuatku," kata Anggun.

Perempuan berusia 47 tahun itu mengingatkan bagi penyanyi Indonesia yang ingin tembus kancah internasional harus menemukan karakter asli dan berbeda. Janganlah mencoba untuk mengikuti penyanyi yang sudah ada.

"Mungkin kalau ada kiat untuk penyanyi-penyanyi yang ingin mencoba menembus ke pasar luar adalah harus dipikirkan karaktermu dimana dan cobalah stay disana," jelas Anggun.

"Jangan mencoba jadi Beyonce, cuma ada satu Beyonce, hanya ada satu Britney (Britney Spears), jangan coba jadi mereka," lanjutnya.

Unggahan dibanjiri respon netizen. Mereka merasa jawaban Anggun soal artis Indonesia yang gagal go internasional seperti namanya.

"Untung Anggun menjawab dengan cara yang anggun," tulis akun @mrsbas****

"Mbak Anggun menjawab dengan sangat anggun," kata akun @jusuf*****33

"Suara Anggun emang ngga ada duanya," ungkap akun @whitebro****

"Emang benar yang dikatakan mbak Anggun," timpal anggun @bundafat****

Rekomendasi