Rock on Jeep dan Tiket NFT, Sensasi Baru Nikmati Konser Rock Jogjarockarta di Masa Pandemi

| 05 Mar 2022 23:01
Rock on Jeep dan Tiket NFT, Sensasi Baru Nikmati Konser Rock Jogjarockarta di Masa Pandemi
Jogjarockarta akan digelar secara hybrid tanggal 24-25 September 2022 dengan mengambil venue di Lapangan Terbang Gading, Gunungkidul. (Twitter/Area Jogja)

ERA.id - 'Rock on jeep' menjadi konsep dari konser musik rock Jogjarockarta kelima tahun ini. Digelar di masa pandemi setelah satu tahun absen, penonton akan menikmati konser dari atas mobil jip terbuka.

Selain itu, dari 4.000 tiket konser, seribu tiket akan dijual dalam bentuk non-fungible tokens (NFT).

"Jogjarockarta menjadi satu-satunya festival rock di Indonesia yang merilis NFT," kata penggagas Jogjarockarta, Anas Sahrul Alimi,"Jogjarockarta satu-satunya festival rock di Indonesia yang merilis NFT," kata Anas.

Anas menjelaskan Jogjarockarta akan digelar di Lapangan Udara Gading, Wonosari, Gunungkidul, 24-25 September.

"Jogjarockarta terakhir digelar 2020, gelaran terakhir nasional sebelum pandemi diumumkan. Waktu itu tampil band rock dunia, Scorpion dan Whitesnake," ujar Anas.

Band-band rock yang bakal tampil tahun ini, antara lain Burgerkill, Dead Squad, Death Vommit, Seringai, Edane, Jamrud, SID, serta Serigala Malam dan beberapa band lain.

Anas menjelaskan, kali ini susah menghadirkan band mancanegara. Hal ini karena situasi pandemi yang membuat jumlah penonton dibatasi, sehingga panitia harus berhitung lagi soal dana yang masuk dan biaya produksi, termasuk tarif artis.

"Jogjarockarta biasanya 20 ribu tiket. Tahun ini 4000 tiket untuk dua hari. Kami harus berhitung biaya produksi secara matang," katanya.

Selain itu, Jogjarockarta kali ini ingin menyuguhkan konsep baru, yakni memberi tempat untuk band-band Indonesia yang pernah menggelar konser di mancanegara.

"Selain band-band yang sudah disebut, ada 6-7 band yang belum kami umumkan," kata Anas.

Jogjarockarta bakal memberi sensasi baru, yakni melibatkan 500 jip terbuka untuk mengangkut penonton. Penonton akan naik jip dari Tebing Breksi, menyusuri Sleman - Gunungkidul ke sejumlah spot wisata, hingga tiba di lokasi konser di lapangan udara.

Penonton akan menikmati konser dari jip tersebut sehingga protokol kesehatan, terutama soal jaga jarak tetap terjaga.

"Kami ingin pariwisata Gunungkidul terangkat dan bentuk adaptasi dengan kondisi pandemi, bagaimana nonton rock tetap bisa headbang dan loncat-loncat. Aneh kalau nonton rock anteng. Ketemu konsep rock on jeep," tuturnya.

Anas juga menyatakan akses Jogjarockarta juga dibuka lewat pembelian NFT. Dari 4000 tiket, 1000 tiket dapat dibeli melalui NFT yang belum diumumkan harganya.

Jika beruntung, 10 NFT di antaranya bakal memberi akses gratis untuk menyaksikan Jogjarockarta seumur hidup dan satu NFT super langka yang bisa digunakan untuk mengakses tempat duduk VIP dan para artis di balik panggung.

Rekomendasi