Prambanan Jazz Festival 2022 Buka Ajang Pencarian Bakat, Cek Pendaftaran dan Cara Mengikutinya

| 19 Apr 2022 15:05
Prambanan Jazz Festival 2022 Buka Ajang Pencarian Bakat, Cek Pendaftaran dan Cara Mengikutinya
Prambanan Jazz Festival (Dok. Istimewa)

ERA.id - Prambanan Jazz Festival kembali digelar. Kali ini event yang mengusung tema "JAKARTA untuk Prambanan Jazz Festival 2022" dibarengi dengan sebuah program ajang pencarian bakat.

Sementara itu, di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya, diadakan pula rangkaian acara pencarian bakat serupa yang bertajuk “JAWARA menuju Prambanan Jazz Festival 2022”.

Sebagai Internetnya Indonesia, IndiHome di bawah naungan TelkomGroup bekerja sama dengan i-Konserdan Prambanan Jazz Festival membuat kompetisi musik yang bertujuan untuk mencari musisi-musisi terbaik, yang berdomisili di setiap wilayah tersebut untuk tampil di Prambanan Jazz Festival 2022, bersama musisi nasional di kancah musik tanah air pada tanggal 1 sampai dengan 3 Juli 2022.

Kegiatan ini diharapkan akan menjadi kesempatan bagi para musisi untuk menunjukkan karya mereka kepada khalayak luas pecinta musik Indonesia. Nantinya, seluruh musisi atau band pendaftar akan dikurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival sampai 100 band di tiap regional, dan akan dilanjutkan ke dalam tahap seleksi. Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 6 April 2022 dan akan berlangsung hingga tanggal 18 Juni 2022 di Jakarta.

Press conference virtual Prambanan Jazz Festival (Dok. Istimewa)

Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 2 Mohammad Salsabil membuka press conference “JAKARTA untuk Prambanan Jazz Festival 2022” dengan mengharapkan perkembangan kreativitas musik para musisi muda, khususnya di wilayah Jabodetabek dan Banten dengan adanya program ini.

“Kami berharap musisi muda akan lebih berani berekspresi, diawali dengan meningkatkan kepercayaan dirinya pada program ‘JAKARTA untuk Prambanan Jazz Festival 2022’ ini,” ujar Mohammad Salsabil pada press conference yang turut dihadiri Anas Syahrul Alimi, CEO & Founder Prambanan Jazz Festival.

Anas Yahrul Alimi menjelaskan bahwa “JAKARTA untuk Prambanan Jazz Festival 2022” merupakan kesempatan emas bagi para musisi untuk melebarkan sayap di kancah musik nasional maupun internasional, sehingga proses seleksi telah disusun sedemikian rupa agar dapat memberikan kesempatan bagi para musisi terbaik.

Proses seleksi sendiri akan mengambil dua musisi dari tiap regional yang berhasil lolos seleksi akan kembali melalui beberapa tahapan seleksi dan kurasi oleh 3 juri dari musisi nasional serta pihak promotor. Para peserta juga diharuskan untuk memiliki minimal 2 karya orisinal berupa video musik atau video live session sebagai syarat registrasi.

Pemenang yang terpilih akan menjajal panggung megah Prambanan Jazz Festival 2022 dan juga tampil pada di salah satu program tayangan channel i-Konser di IndiHome TV. Pemenang diharapkan bisa menampilkan setidaknya 4 lagu orisinal.

Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 6 April 2022 dan akan berlangsung hingga tanggal 6 Juni 2022 untuk JAWARA. Untuk Jakarta, pendaftaran dibuka pada tanggal 6 April 2022 sampai dengan tanggal 18 Juni 2022.

Para peserta bisa mendaftar di website www.ikonser.id dengan menyertakan 2 video (video klip atau video live session), serta persyaratan lain yang terdapat dalam formulir registrasi. Peserta adalah musisi atau band yang berdomisili di setiap regional, dibuktikan cukup dengan 1 KTP dan terbuka untuk seluruh genre musik serta jenis penampil musik (solo, duo, band, dan sejenisnya) yang sesuai dengan karakter festival.

Untuk seleksi awal, masing-masing peserta cukup mengirimkan 1 karya. Selanjutnya, promotor akan memilih 20 band atau peserta berdasarkan viewers tertinggi dan engagement YouTube (i-Konser Channel) yang akan ditayangkan di i-Konser Channel (IndiHome TV) untuk proses seleksi selanjutnya.

Setelah tahapan seleksi di atas, panitia akan memilih 10 band atau peserta dengan viewers terbanyak di i-Konser Channel (IndiHome TV) untuk masuk ke babak final. Dua pemenang dari setiap regional (Telkom Regional 2 dan 3) akan tampil secara langsung di Prambanan Jazz Festival 2022 dengan membawakan 4 karya orisinal.

Seluruh peserta yang mendaftar akan melalui proses kurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival, dan akan dipilih maksimal 100 peserta terbaik. Peserta akan melalui 3 tahapan babak acara. Pada babak 1, video peserta yang sudah dikirimkan akan langsung ditayangkan pada kanal YouTube i-Konser Channel selama periode 5 sampai dengan 15 Mei 2022 untuk Telkom Regional 3 (Jawa Barat) dan periode 17 sampai 27 Mei 2022 untuk Telkom Regional 2 (Jakarta).

20 peserta yang lolos mengikuti babak 2 dari setiap regional, wajib mengirimkan tambahan 1 karya orisinal dalam bentuk video dan akan ditayangkan secara terjadwal pada program i-Konser Channel melalui IndiHome TV. Jadwal penayangan akan diinfokan melalui Instagram @ikonserchannel. 10 peserta dengan viewers terbanyak di i-Konser Channel (IndiHome TV) akan mengikuti babak final pada tanggal 6 Juni 2022 untuk Telkom Regional 3 (Jawa Barat) dan 18 Juni 2022 untuk Telkom Regional 2 (Jakarta). Babak final akan dilaksanakan secara tapping melalui i-Konser Channel (IndiHome TV) untuk menentukan siapa yang akan tampil di Prambanan Jazz Festival 2022.

Dengan adanya gelaran ”JAKARTA untuk Prambanan Jazz Festival 2022” dan ”JAWARA menuju Prambanan Jazz Festival 2022” dari internet andal IndiHome dan TelkomGroup, diharapkan akan muncul nama-nama baru dari setiap regional  JAKARTA dan JAWARA yang sukses berkiprah di belantika musik Indonesia. Tidak hanya terbatas  di regional tersebut saja, nantinya seluruh daerah di Indonesia juga akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk tampil di Prambanan Jazz Festival, maupun tayangan-tayangan di i-Konser Channel.

Rekomendasi