Cover Lagu Dadali Seenaknya, Tri Suaka Diberi Waktu 1 Pekan untuk Jawab Somasi dan Dituntut Rp2 Miliar, Netizen: Cuma Babang Tamvan Berbaik Hati

| 10 Jun 2022 20:12
Cover Lagu Dadali Seenaknya, Tri Suaka Diberi Waktu 1 Pekan untuk Jawab Somasi dan Dituntut Rp2 Miliar, Netizen: Cuma Babang Tamvan Berbaik Hati
Tri Suaka (Foto: Instagram/@xdjtrisuaka)

ERA.id - Lagi-lagi, penyanyi pendatang baru Tri Suaka kembali dihadapkan pada masalah. Pria yang pernah bermasalah dengan Andika Kangen Band ini harus membayar Rp2 miliar karena diduga melanggar hak cipta mengenai lagu "Di Saat Aku Tersakiti" milik Dadali.

Selain itu vokalis Dadali, Dyrga meminta Tri Suaka agar segera meminta maaf dihadapan publik karena sudah meng-cover lagu Dadali tanpa izin alias seenaknya. Dyrga menuntut Tri Suaka untuk segera menuntut Rp2 M. Ia menganggap Tri Suaka sudah melanggar Undang-Undang Hak Cipta.

"Somasi yang akan kita lakukan ini jelas terkait tentang pelanggaran hak Cipta, hak eksklusif, dan di sini pun pihak Tri Suaka harus membayar dari perform track yang sudah dilakukannya. Karena berdasarkan undang-undang kita, jika membawakan lagu tanpa izin ini melanggar hak cipta," ujar Dyrga, dikutip dari akun gosip Instagram @lambe_turah.

Pihak Dadali geram karena Tri Suaka membawakan lagu tanpa izin terlebih dahulu. Oleh karenanya, Dyrga dengan kuasa hukumnya memberikan somasi kepada Tri Suaka untuk segera meminta maaf dan memberikan hak performing rights kepada Dadali.

"Kalau somasi kami tak diindahkan, kami akan lakukan langkah hukum. Kami masih berikan peluang, untuk segera mungkin, kami berikan waktu satu minggu somasi kami. Ini ada dua tempat, yang pasti tuntutan kami di sini adalah Rp 2 M," kata kuasa hukum Dyrga Dadali, Genuari, dilansir dari kanal YouTube KH Infotainment.

Dyrga Dadali membeberkan alasannya somasi dan meminta Tri Suaka membayar Rp2 M. Ia harus mengambil langkah ini supaya terlihat ketegasannya terhadap musisi-musisi cover dan lebih memahami aturan mengenai hak cipta.

"Di sini fokusnya adalah bagaimana caranya kita memberikan sedikit efek jera sebagai bentuk usaha kita dalam memperbaiki ekosistem yang sehat di musik," timpal Dyrga Dadali.

Unggahan itu dibanjiri beragam respon netizen. Mereka sangat kesal dan menduga Dyrga Dadali hanya pansos atau aji mumpung. Ada pun yang membandingkan dengan Andika Kangen Band.

"Cuma babang tamvan yang berbaik hati lagu di cover dihina diem bae," tulis akun @rainbo****

"Ciyee aji pangestu yang mumpung lagi up kasusnya Tri. Dulu gaya nyanyinya ditiru sama Irwan D'Academy nggak terima juga padahal maksudnya si Irwan tuh niru karena saking ngefans nya lhooo," kata akun @ayra***

"Aji mumpung ya ges, mumpung," lanjut akun @pikihben****.

Tags : tri suaka Dadali
Rekomendasi