Capai Karier Bermusik hingga 30 Tahun, Ahmad Dhani: Dewa 19 Terinspirasi dari Queen

| 30 Jun 2022 20:10
Capai Karier Bermusik hingga 30 Tahun, Ahmad Dhani: Dewa 19 Terinspirasi dari Queen
Ahmad Dhani, Once, dan personil Dewa 19 (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Band legenda Indonesia, Dewa 19 kini sudah mencapai perjalanan 30 tahun mereka berkarier. Selaku pentolan grup Dewa 19, Ahmad Dhani mengungkapkan bahwa salah satu yang membuat mereka kokoh bertahan adalah karena terinspirasi dari band ternama dunia Queen.

Ahmad Dhani menyampaikan bahwa dalam menciptakan lagu-lagu Dewa 19, ia berkaca kepada Queen. Ia mengatakan bahwa banyak hal dalam hal bermusik yang bisa dipelajari dari Queen, sehingga Dewa 19 akhirnya juga bisa bertahan hingga saat ini.

"Sebenarnya technical saja sih, karena saya ngefans sama Queen. Dari Queen banyak dapat pelajaran, nasibnya pun sama banyak ditinggal penyanyinya. Queen itu punya resep ngetop yang bisa dipelajari gitu," kata Ahmad Dhani, saat ditemui di FX Sudirman, Jakarta, pada Kamis (30/6/2022).

Salah satunya adalah cara Queen yang merilis banyak lagu enak di setiap albumnya. Ini membuat lagu Dewa 19 populer sehingga para penggemar tak terikat usia ataupun gender untuk selalu bisa menyanyikannya.

"Satu resepnya adalah membuat satu album yang banyak lagu enaknya. Rata-rata kan orang bikin album itu cuma satu atau dua lagu yang enaknya, kalau kita nggak. Kita dari album pertama, kedua, ketiga, itu semua lagunya nggak ada yang percuma gitu. Kita punya 8 album, banyak yang enak," jelasnya.

Dhani pun membongkar satu fakta mengenai lagu populer mereka yang berjudul "Separuh Nafas". Ia menyampaikan bahwa menurut mereka lagu tersebut sangat tidak bagus, tetapi ternyata enak untuk didengarkan dan menjadi populer hingga saat ini.

"Contoh justru lagu yang menurut kita paling cemen, justru paling terkenal sekarang, 'Separuh Nafas'. Lagu itu lagu yang paling tidak kita pikirin, Once jadi saksi nih. Aransemennya saya juga mikir setengah-setengah, tapi jadi juga itu lagunya," ungkapnya.

Sementara itu, seiring dengan Ahmad Dhani, mantan vokalis Dewa 19, Once Mekel juga mengakui bahwa hal yang membuat band tersebut bertahan adalah lagu mereka. Tak hanya itu, kekeluargaan yang terjalin sesama anggota, serta kemampuan bermusik mereka yang mumpuni juga berpengaruh besar.

"Kita ini tim yang kuat, setiap lini itu bagus. Dari pembuatan lagu banyak dibuat Dhani. Secara musikal grupnya bagus, jelas. Temanya itu kuat, lagu-lagunya juga. Terakhir, yang terutama juga keinginan kita untuk terus bertahan, kita punya kekuatan yang sama untuk sama-sama menang, tetap maju dan bertahan, team work," pungkas Once Mekel.

Sebagai informasi, untuk merayakan 30 tahun berkarier, Dewa 19 akan menggelar konser spesial bertajuk 30 Tahun Dewa 19 Full Team Legends Never Die di Candi Prambanan, pada 6 Agustus 2022 mendatang. Konser ini akan diisi oleh 4 vokalis dan dua drummer. Vokalisnya adalah Ari Lasso, Once Mekel, Virzha, dan Ello.

Rekomendasi