Ternyata Brigadir J, Istri Ferdy Sambo, dan Bharada Sempat Tes PCR Bersama

| 31 Jul 2022 09:22
Ternyata Brigadir J, Istri Ferdy Sambo, dan Bharada Sempat Tes PCR Bersama
Ilustrasi tes PCR (Wikimedia Commons)

ERA.id - Brigadir J bersama Putri Candrawathi, Bharada E, pembantu rumah tangga, tes PCR di rumah pribadi Irjen Polisi Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, sepulangnya dari Magelang.

"PCR itu dilakukan di rumah pribadi bukan di Rumah Dinas Irjen Polisi Ferdy Sambo," kata Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam, Sabtu (30/7/2022).

Anam mengatakan, hal tersebut diketahui berdasarkan rekaman CCTV yang telah dilihat langsung oleh Komnas HAM. Merujuk dari rekaman itu, Komnas HAM akan mengonfirmasi atau mendalaminya, termasuk perihal PCR Ferdy Sambo.

Khusus lokasi dan detailnya PCR Kadiv Propam Polri nonaktif tersebut, Komnas HAM akan mendalaminya ketika memeriksa Irjen Ferdy Sambo. Termasuk mendalami apakah Ferdy Sambo masuk ke dalam rombongan atau tidak pada saat kejadian.

"Kami memang mendapatkan informasi bahwa Pak Sambo tidak berada pada rombongan tersebut, tapi ini masih informasi satu pihak dan akan kami cek," ujarnya.

Komnas HAM akan menggali dari informasi lain, dokumen lain termasuk membandingkannya dengan bukti-bukti lain. Tujuannya, agar peristiwa kematian Brigadir J semakin jelas dan bisa terungkap.

Terkait pemeriksaan atau pengumpulan data siber dan digital forensik, Anam memastikan hal tersebut belum selesai karena lembaga tersebut masih membutuhkan sejumlah data dan informasi.

Komnas HAM juga telah mendapatkan dan melihat langsung rekaman CCTV dan jejaring komunikasi terkait kematian Brigadir J.

Namun, beberapa informasi khususnya yang menyangkut nomor telepon keluarga Brigadir J sengaja tidak diungkap ke publik. "Karena harus ada sistem perlindungan kepada pihak keluarga Yosua," ujar dia.

Rekomendasi