Didampingi LQ Indonesia Lawfirm, Franky Widjaja Laporkan 2 Kakak Tirinya ke Bareskrim Polri

| 08 Aug 2022 22:15
LQ Indonesia Lawfirm saat mendampingi Freddy Wijaya

ERA.id - Didampingi LQ Indonesia Lawfirm, Freddy Widjaja melaporkan dua kakak tirinya, Franky Oesman Widjaja dan Mochtar Widjaja selaku komisaris dan pendali PT. SMART TBK ke Bareskrim Polri dengan LP Nomor: 287/VIII/2022/BARESKRIM Tanggal 8 Agustus 2022.

Kuasa Hukum Freddy Widjaja, Arwinsyah Putra Napitu mengatakan pihaknya melaporkan terkait dugaan Pasal 372 jo 374 KUHP dan atau Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) atas saham milik Eka Tjipta Widjaja.

"Diduga saham milik Pak Eka Tjipta digelapkan keduanya. Padahal, para terlapor tahu saham itu milik Eka Tjipta berdasarkan Akta Notaris yang dibuat Notaris Benny Kristianto, SH. Namun, dengan sengaja dan niat memiliki, dikuasai, dan diakui sepenuhnya menjadi milik para terlapor," ujar Putra di Bareskrim Polri, dikutip dari keterangan resminya pada Senin (8/8/2022).

Putra menjelaskan Sinar Mas diduga melawan hukum dengan menghindari pajak dengan membuat perusahaan-perusahaan cangkang di luar negeri.

"Kerugian materiil Pak Freddy atas saham yang digelapkan senilai Rp1 triliun dan kerugian pajak negara sekitar Rp40 triliun," jelasnya.

Sementara itu, Freddy Widjaja mengaku kecewa terhadap saudara tirinya tersebut.

Dia mengatakan kedua kakak tirinya itu diduga mengubah akta lahir palsu yang menghasilkan KTP atau identitas palsu di pengadilan.

"Saya sangat kecewa terhadap para terlapor ketika menghadapi proses hukum mengubah identitas. Saya mohon Polri untuk mengusut kasus ini. Apakah polisi berani menegakkan hukum atau malah takut kepada oknum yang melawan hukum?" kata Freddy Widjaja.

Sebelumnya, Freddy Widjaja juga telah melaporkan Indra Widjaja dan Franky Oesman Widjaja atas dugaan pemalsuan akta lahir yang digunakan untuk klaim hak waris dari Eka Tjipta Widjaja.

Menurutnya, kasus tersebut sudah memasuki proses penyelidikan di Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Mabes Polri.

Freddy sebelumnya menghubungi Hotline LQ di 0817-9999-489 (Jakarta) dan 0818-0454-4489 (Surabaya) dan meminta pendampingan hukum. Sebelumnya juga Freddy Widjaja telah melaporkan Indra Widjaja dan Frangky Oesman Widjaja atas dugaan pemalsuan akta lahir yang digunakan untuk klaim hak waris dari Bapak Eka Tjipta Widjaja yang sudah memasuki proses penyelidikan di Bareskrim Tipidum Mabes POLRI.

Rekomendasi