Airlangga Ungkap Alasan Parpol KIB Daftar ke KPU di Hari Rabu

| 10 Aug 2022 15:14
Airlangga Ungkap Alasan Parpol KIB Daftar ke KPU di Hari Rabu
Para Ketum KIB (Dok. Antara)

ERA.id - Partai-partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yaitu Partai Golkar, PAN dan PPP resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan, ada alasan khusus mengapa KIB mendaftar ke KPU di hari Rabu. Salah satunya karena tanggal Pemilu 2024 jatuh di hari Rabu, 14 Februari 2024.

"Hari ini kami bertiga sengaja mendaftar bersama, tanggal 10, hari Rabu. Karena hari Pemilu nanti jatuhnya hari Rabu, tanggal 14 Februari. Jadi kita mulai dengan hal-hal yang baik dan bersama-sama," kata Airlangga.

Soal apakah hari Rabu ini bertepatan dengan Rabu Pon, Airlangga hanya berkelakar untuk melihat sendiri kanlender Jawa.

"Kalau wetonnya cari sendiri," kata Airlangga.

Sementara Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menambahkan, KIB sengaja mendaftarkan partainya masing-masing secara bersama-sama ke KPU untuk menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa ketiga partai politik ini kompak.

"Koalisi Indonesia Bersatu kompak, kokoh, kuat dan menunjukan perlunya kebersamaan, kekompakan, persaudaraan, kebangsaan kita," kata Zulkifli.

Zulkifli mengaku, KIB ingin menjadi contoh politik yang mengutamakan kebersamaan. Menurutnya, dengan bersatu maka dapat mewujudkan negara Indonesia yang lebih kuat. Selain itu, KIB juga ingin menghilangkan budaya pecah belah setiap kali Pemilu digelar.

"Ini saatnya demkorasi ini menghasilkan nilai-nilai, menghasilkan kesetaraan, harmoni, saling mencintai, saing menghormati. Kita bosen kan kalau saling bermusuhan kelamaan kan bosen juga," ucapnya.

Dari pantuan ERA, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa berkumpul di sekitar Plaza Mandiri, Jakarta Pusat sebelum mendaftarkan partainya masing-masing ke KPU.

Dari titik itu, ketiganya berjalan bersama-sama menuju kantor KPU sambil diiringi pawai budaya seperti marching band, marawis hingga Reog Ponorogo.

"KIB KIB.. solid," teriak para kader dari masing-masing partai politik.

Setibanya di kantor KPU, Airlngga, Zulkifli Hasan, dan Suharso berswafoto bersama sambil memamerkan salam komando.

Rekomendasi