Bahas Pembangunan IKN, Otorita IKN Nilai Perlu Pengawasan Masyarakat Agar Tak Ada Penyalahgunaan Hak Atas Tanah

| 15 Aug 2022 09:23
Koordinator Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN, Sidik Pramono ANTARA/HO-Humas Pemprov Kaltim

ERA.id - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengagendakan pertemuan dengan para pelaku usaha di Kaltim membahas tata kelola proses pelaksanaan pembangunan di Ibu Kota Nusantara.

Koordinator Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN, Sidik Pramono menjelaskan kegiatan tersebut dijadwalkan pada Senin, 15 Agustus 2022 dan dihadiri langsung oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Sidik menambahkan sejumlah pejabat juga dijadwalkan hadir diantaranya Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim.

"Agenda ini diselenggarakan sebagai sarana diskusi dan sosialisasi tentang tata kelola IKN yang menjadi acuan bagi pembangunan dan penataan wilayah," kata Sidik dikutip dari Antara, Senin (15/8/2022).

Menurut Sidik, melalui kegiatan ini diharapkan terbentuk pemahaman antara pemerintah dan pengusaha terkait proses pembangunan di IKN.

"Para pengusaha diharapkan bisa ikut mengawal perkembangan IKN dari waktu ke waktu sehingga semua proses yang berlangsung sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan," paparnya.

Selain itu, juga akan dilakukan pengawasan atas pelaksanaan pembangunan di lapangan untuk memastikan tidak melanggar dengan ketentuan yang berlaku.

"Oleh sebab itu perlu adanya keterlibatan masyarakat untuk memastikan tidak adanya penyalahgunaan hak atas tanah dan kawasan di IKN dalam proses pembangunan Ibu Kota Nusantara," lanjutnya.

Sidik menambahkan otorita IKN menargetkan adanya sinergi untuk mendukung kelancaran proses pembangunan di IKN dan adanya transparansi dalam seluruh proses pembangunan.

Rekomendasi