Meski Belum Punya Koalisi, Demokrat Percaya Diri Jagokan AHY Jadi Capres 2024, Kalian Setuju?

| 15 Aug 2022 13:42
Meski Belum Punya Koalisi, Demokrat Percaya Diri Jagokan AHY Jadi Capres 2024, Kalian Setuju?
AHY (Antara)

ERA.id - Partai Demokrat tetap mengupayakan mendorong Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Demokrat sangat mendorong," kata Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syariefuddin Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Syarief mengatakan, saat ini Partai Demokrat juga tengah mengupayakan meningkatkan elektabilitas AHY. Upaya ini terus dilakukan agar partai lain melirik AHY untuk diusung sebagai capres.

"Elektabilitas Mas AHY juga harus kita dorong akan semakin bagus," kata Syarief.

"Kalau tiba-tiba AHY elektabilitas nomor satu. Misalkan nomor satu, semua (partai politik) pasti mau," katanya.

Namun, Syarief menegaskan, dorongan Partai Demokrat agar AHY menjadi Capres 2024 tidak akan dijadikan syarat untuk berkoalisi. Hanya saja, nama AHY juga akan dibawa ke mitra koalisi sebagai calon presiden yang perlu dipertimbangkan.

"Kesepakatan di antara koalisi nanti, tentu saja kita berkoalisi dengan partai A misalnya, ya nanti kita duduk bareng-bareng. Siapa sebagai nomor satu, siapa nomor dua," ujar Syarief.

Sebagai informasi, Partai Demokrat belum memutuska akan berkoalisi dengan partai mana pada Pemilu mendatang. Meski begitu, Partai Demokrat mengaku terus menjalin komunikasi dengan partai lain.

Sejauh ini, Partai Demokrat memberi sinyal akan berkoalisi dengan Partai NasDem dan PKS. Hal itu ditandai dengan pertemuan terbatas yang telah dilakukan oleh perwakilan yang ditunjuk oleh masing-masing partai.

Rekomendasi