PAN Siap Umumkan 11 Nama Bakal Capres 2024, Malam Ini Rilis

| 27 Aug 2022 20:22
PAN Siap Umumkan 11 Nama Bakal Capres 2024, Malam Ini Rilis
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Instagram)

ERA.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan mengumunkan 11 nama bakal calon presiden (capres) 2024. Nama-nama itu merupakan usulan dari kader daerah.

Zulkilfi akan menyampaikan 11 nama bakal capres 2024 itu di forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

"Tadi sudah mereka sampainkan masing-masing provinsi sesuai usulan mereka, beragam memang. Oleh karena itu, pada sambutan nanti hasilnya akan saya sampaikan," kata Zulkifli.

"11 (diumumkan) nantinya, tunggu dong, nanti diumumkan," imbuhnya.

Dari 11 nama itu, Zulkifli mengaku namanya juga masuk dalam daftar bakal capres 2024 yang diusulkan oleh para kader PAN di daerah. Sedangkan nama lainnya masih dirahasiakan.

"Ya ketum itu harus, gimana ketum partai ya siap," kata Zulkifli.

Nantinya, hasil Rakernas PAN ini akan disampaikan kepada Partai Golkar dan PPP. Diketahui, tiga partai ini membangun kerja sama untuk Pilpres 2024 dengan membentuk Koalisi Indonesia Bersatu.

"Oh iya dong nanti disampaikan, tapi kan di KIB itu jangan lupa soal Pilpres itu chapter terakhir, jadi masih lama," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan, ada sejumlah nama capres yang menjadi favorit para kader di daerah. Diantaranya seperti Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Kami merumuskan pemenang 2024 termasuk capres dan cawapres. Yang favorit, yang banyak disebut seluruh daerah, kabupaten dan kota itu ada namanya Ketum Bang Zulkifli Hasan nomor satu. Yang kedua ada Pak Erick Thohir, ada Ganjar, ada Anies, ada RK (Ridwan Kamil), ada Khofifaj, itu yang favorit," kata Yandri di acara Bimtek DPRD PAN di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

Nama-nama yang menjadi faovirit kader di daerah itu akan diusulkan dan diumumkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di acara puncak Rakernas PAN di Istora Senayan malam nanti.

Yandri mengatakan, hal ini sejalan dengan keputusan PAN yang telah memandatkan Zulkifli Hasan untuk memilih dan menetapkan capres dan cawapres yang akan diusung partainya pada Pilpres.

"Nanti dari nama yang direkomendasikan Rakernas tahun 2022 telah memberikan mandat penuh kepada ketum untuk menentukan siapa capres dan cawapres PAN," kata Yandri.

"Jadi untuk hal-hal dinamika percapres kita serahkan ke ketum untuk menentukan siapa capres cawapres yang akan diusung Ketum PAN," pungkasnya.

Rekomendasi