KSAD Sambut Baik Keinginan Angkatan Darat Prancis Gelar Latihan Militer Bersama

| 24 Sep 2022 06:31
KSAD Sambut Baik Keinginan Angkatan Darat Prancis Gelar Latihan Militer Bersama
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman (istimewa).

ERA.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri dan menemui KSAD Prancis General Pierre Schill.

Dudung pergi ke Markas Besar Angkatan Darat Perancis. Kamis, (22/9/2022). Dari pertemuan itu, General Pierre Schill ingin melakukan bekerja sama militer dengan TNI AD Indonesia.

"KSAD Prancis General Pierre Schill menyampaikan keinginan Angkatan Darat Perancis untuk menjalin kerja sama militer dengan TNI AD berupa latihan bersama dan pertukaran Prajurit Armed terutama prajurit yang mengawaki senjata Caesar dan Mistrall pada tahun 2023 mendatang," demikian keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad), Jumat (23/9/2022).

General Pierre Schill menerangkan, perkembangan teknologi alutsista terutama senjata armed, arhanud, dan drone telah mendorong angkatan darat Prancis untuk memperbaharui teknologi persenjataannya selama lima tahun ke depan. Hal ini dilakukan agar angkatan darat Prancis memiliki kemampuan yang lebih reaktif dan responsif.

Di tempat yang sama, Jenderal Dudung menyambut baik keinginan kerja sama militer yang disampaikan General Pierre Schill. Selain latihan bersama, Dudung ingin agar Angkatan Darat Indonesia dan Prancis melakukan pertukaran cadet.

Dudung mengatakan, saat ini ada dua prajurit TNI AD yang sedang menempuh pendidikan setingkat Seskoad dan satu prajurit menempuh pendidikan setingkat Diklapa di Prancis.

KSAD Dudung berharap ke depannya Taruna Akademi Militer Indonesia juga dapat mengikuti pendidikan dan belajar di Prancis dalam konteks Exchange Students dengan Prancis. 

Di akhir pertemuan, Dudung menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan General Pierre Schill. 

Diketahui, sebelum ke Prancis, KSAD Dudung pergi ke Belanda menemui KASAD Belanda Lieutenant General Martin Wijnen di The Royal Netherland Army Headquarters, Utrecht Belanda. Senin, (19/9).

Hasil pertemuan ini, Indonesia dan Belanda akan menjalin kerja sama militer. Dudung menyampaikan upaya-upaya dalam peningkatan kemampuan Angkatan Darat kedua negara melalui pendidikan dan latihan bersama.

Dari pertemuan ini juga, Dudung mengundang Lieutenant General Martin Wijnen untuk berkunjung ke Markas Besar TNI Angkatan Darat di Jakarta serta menjadi observer latihan pada Latihan Bersama Indonesia-Belanda di masa mendatang.

Rekomendasi