Cak Imin Mau Jadi Cawapres Puan, PKB: Dalam Politik Ada Kompromi

| 27 Sep 2022 11:38
Puan Maharani dan Muhaimin Iskandar saat berada di TMP Kalibata.

ERA.id - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bersedia menjadi calon wakil presiden (cawapres) Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

Merespons itu, Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid menilai, ucapan pimpinannya untuk memberikan pendidikan politik ke publik.

Katanya, ada kompromi politik. Meski begitu, PKB tetap berkeinginan memajukan Cak Imin sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Politik itu ada kompromi-kompromi, ada basis-basis rasional yang juga dipertimbangkan, meski sampai hari ini PKB tetap memberikan mandat kepada Gus Muhaimin untuk menjadi capres sesuai keputusan Muktamar Bali," kata Jazilul melalui keterangan tertulis, dikutip Selasa (27/9/2022).

Sementara soal doa Cak Imin agar Puan Maharani dapat menjadi capres 2024, menurut Jazilul, hal itu merupakan bagian dari motivasi karena Cak Imin menilai Puan merupakan sosok yang memenuhi syarat untuk maju sebagai capres, baik dari sisi partai politik maupun jam terbangnya di politik.

"Doa Pak Muhaimin bukan doa yang di awang-awang. Jadi Mbak Puan memenuhi syarat untuk menjadi capres. Partainya cukup dan Mbak Puan juga punya pengalaman panjang di politik," katanya.

Kata Jazilul, Cak Imin pun menyampaikan doa yang sama kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat pertemuan di Magelang.

"Kemarin saat bertemu dengan para santri di Ponpes Tegalrejo, Magelang, Gus Muhaimin juga mendoakan Pak Prabowo sebagai presiden. Inilah etika politik, apalagi PDIP dan Gerindra kursinya lebih besar dari PKB," ucap Jazilul.

Sebelumnya Puan dan Cak Imin bertemu di kawasan Kalibata, Jakarta pada Minggu (25/9) pagi. Pertemuan itu merupakan rangkaian safari politik PDIP.

Keduanya berziarah ke makam mantan Ketua MPR RI Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, lalu lanjut sarapan di warung pecel.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin sempat mendapat kejutan ulang tahun dari Puan. Dia juga berharap bisa menjadi calon wakil presiden.

"Terima kasih disiapkan kue ultah moga-moga doanya terkabul dan minimal saya jadi wapres hahahahahaha," jelas Cak Imin.

Dia pun mengakui jika partainya kalah besar jika dibandingkan partai Puan Maharani. "Hahaha katanya presiden hahaha, ga ga partainya kalah gede hahahahaha," kata Cak Imin.

Terkait dengan hal ini pun, keduanya saling mendoakan agar bisa menjadi presiden dan wakil presiden. "Ya saya ikut mendoakan, insyaallah aamiin," jelas Puan.

"Ya kita mendoakan mba puan jadi presiden," Balas Cak Imin.

Rekomendasi