Siang Ini, Komisi III DPR RI Pilih Pengganti Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar

| 28 Sep 2022 09:39
Siang Ini, Komisi III DPR RI Pilih Pengganti Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar
Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar (Antara)

ERA.id - Komisi III DPR RI akan memilih pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pengganti Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar hari ini, Rabu (28/9/2022). 

Berdasarkan surat presiden yang dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR RI pada Selasa (27/9), terdapat dua calon pengganti Lili Pintauli, yaitu Johanes Tanak dan I Nyoman Wara.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir mengatakan, pemilihan pimpinan KPK tidak melelaui uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Melainkan hanya wawancara saja. "Hanya wawancara saja," kata Adies kepada wartawan di Jakarta. 

Adies menambahkan, wawancara dua calon pimpinan KPK dijadwalkan akan pada pukul 14:00 WIB di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sebagai informasi, Lili Pintauli mundur dari jabatannya sebagai salah satu pimpinan KPK pada Juli 2022 lalu. Hengkangnya Lili dari lembaga antirasuah itu dilakukan di tengah kabar dugaan menerima fasilitas dan tiket MotoGP Mandalika dari PT Pertamina (Persero). Saat ini, kasus tersebut sedang ditangani Dewan Pengawas KPK.

Pada 9 September 2022, Istana mengirimkan Surat Presiden tentang pergantian pimpinan KPK.

"Sidang dewan yang terhormat, perlu kami beritahukan bahwa pimpinan dewan sudah menerima satu pucuk surat dari Presiden RI Nomor R-44 tanggal 9 September prihal calon anggota pengganti pimpinan KPK," ujar Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlmen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/9).

Dua nama yang dikirimkan Presiden Joko Widodo ke DPR RI yaitu Johanes Tanak dan I Nyoman Wara. Keduanya sempat menjadi kandidat dan mengikuti fit and proper test calon pimpinan KPK pada 2019 lalu.

Rekomendasi